Toba Track W20 untuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

0
314
(Dok: Indonesia.go.id)
Pojok Bisnis

9Kota Parapat – Kota Parapat di tepian Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, menjadi saksi lahirnya komunike dari pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Women20 (W20 Summit) yang berlangsung 19–21 Juli 2022.

Pertemuan tersebut sekaligus menandai lahirnya “Toba Track”, sebagai komitmen dari W20 untuk memberikan aksi nyata dalam pemberdayaan perempuan secara global. W20 menjadi engagement group pertama Presidensi G20 2022 yang menyelesaikan komunike sekaligus menggelar KTT di kawasan sejuk dan eksotis, Danau Toba.

Kawasan destinasi pariwisata superprioritas Danau Toba dipercaya menjadi tuan rumah KTT W20 untuk menunjukkan potensi wisata, budaya, dan ekonomi lokal kepada peserta G20 dan organisasi internasional lainnya. Saat penutupan KTT W20, Kamis (21/7/202), Co-Sherpa G20 Presidensi Indonesia Raden Edi Prio Pambudi menerima komunike dari wakil W20 untuk seterusnya diajukan ke KTT G20 pada November 2022.

Saat memberikan sambutan penutupan KTT W20, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, selaku pengampu Sherpa Track G20 2022, optimistis bakal ada sinergi yang kuat di antara negara-negara anggota G20 dengan W20 untuk berbagi solusi dan program kerja dalam mencapai strategi global yang lebih inklusif dan tangguh.

Top Mortar gak takut hujan reels

Engagement group W20 mulai diinisiasi pada KTT G20 2014 di Brisbane, yang didukung dengan pembentukan W20 selama kepresidenan Turki pada 2015. Sejak itu, para pemimpin G20 berkomitmen dan menargetkan mengurangi kesenjangan gender dalam partisipasi angkatan kerja sebesar 25 persen pada 2025.

Berpatokan kepada komitmen tersebut, melalui Presidensi G20 2022, Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk fokus pada penyampaian aksi nyata khusus dalam pemberdayaan ekonomi perempuan.

Presidensi G20 Indonesia 2022 telah mengidentifikasi dua prioritas utama untuk pemberdayaan perempuan. Tujuannya, untuk menciptakan nilai tambah ekonomi dan memberdayakan perempuan dalam ekonomi baru.

Pertama, mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) milik perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam transformasi ekonomi berbasis digital yang inklusif. Lalu yang kedua, berinvestasi dalam keterampilan digital. Khususnya meningkatkan tingkat partisipasi perempuan dalam industri sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, dalam sambutan penutupan KTT W20, meyakini bahwa hasil dari KTT W20 akan semakin memperdalam pemikiran dan pemahaman tentang pentingnya kesetaraan gender dalam pemulihan ekonomi global. Dia juga berharap, seluruh sistem perekonomian saat ini dan yang akan datang dapat mengarah pada perbaikan kebijakan dan regulasi.

“Khususnya dalam meningkatkan partisipasi perempuan dalam perekonomian melalui UMKM milik perempuan,” ucapnya.

Chair W20 Indonesia Hadriani Uli Silalahi menyampaikan, W20 adalah engagement group pertama dari Sherpa Track dan Finance Track G20 Presidensi Indonesia yang mengadakan KTT bersamaan dengan selesainya komunike. “Keberhasilan ini menunjukkan perempuan berperan penting dan akan terus berada di garda terdepan untuk perubahan yang lebih baik. Tidak berhenti di sini, W20 akan terus berjuang untuk memastikan pemberdayaan perempuan berada pada fokus utama,” ungkapnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan