Bangun Usaha Bukan Hanya Tentang Mimpi Besar

0
83
Marketing bisnis (dok brightstars.co.id)

 

Ada banyak hal dan langkah nyata untuk memastikan tingkat keberhasilan memulai usaha. Apalagi membangun usaha dari nol, itu bukanlah pekerjaan mudah. Banyak pengusaha pemula yang jatuh di tahun-tahun pertama karena kehabisan nafas baik berupa dana, energi, dan motivasi. Dengan cara-cara trial & error, akibatnya sering terjadi kegagalan.

Bayangkan, betapa sayangnya waktu, energi, dan investasi yang telah dikeluarkan cukup besar itu hanya untuk membiayai kegagalan yang berulang-ulang. Seharusnya modal uang, waktu dan energi yang ada digunakan untuk menjalankan bisnis secara sehat, bukan untuk coba-coba.

Sebagai seorang korban PHK, saya dengan usia mendekati kepala lima sepertinya sulit untuk melamar kembali untuk bekerja di kantor. Saya harus berwirausaha, saya ingin mempunyai bisnis sendiri. Namun kenyataan mengatakan, modal uang dan keberanian saja tidak cukup untuk bisa sukses memulai suatu usaha dengan baik dan sehat.

Dalam beberapa kali gagal dalam membangun usaha, saya mendapat pengalaman dan pelajaran bahwa jika ingin sukses :

“Belajarlah dari pengalaman orang yang sudah praktek (baik yang gagal dan yang sukses) di bidang di mana Anda ingin menjadi sukses.”

Banyak sudah kiat, tips atau strategi untuk sukses memulai dan membangun usaha, namun itu semua tergantung niat dan tekad Anda dalam mewujudkan apa yang menjadi keinginan Anda.

Ingat, tiada suatu kesuksesan tanpa tindakan nyata, dan kesuksesan akan menjadi otomatis, jika Anda menjalankan suatu rencana bagus, sederhana dan dengan sungguh-sungguh mengikutinya.

Inilah beberapa langkah atau hal strategis yang harus menjadi acuan penting dalam Anda memulai suatu usaha baru :

  • Ubahlah Sikap dan Mental Anda. Ini hal terpenting, berbisnis itu akan menjadi lebih mudah dan cepat jika Anda menyukai perubahan. Berubah cara berpikir, berubah cara bertindak dan tentunya juga cara-cara belajar. Lingkungan dunia usaha itu selalu berubah.
  • Ide Usaha Tidak Harus Baru. Ide baru belum tentu berhasil, apalagi jika Anda belum berpengalaman. Anda hanya perlu merubah ide lama menjadi lebih baik dan penuh inovasi. Artinya ide usaha Anda itu tidak harus selalu sesuatu yang baru. Ingat yang terpenting adalah ide Anda harus yang lebih baik.
  • Bisnis Itu Tidak Berisiko yang Berisiko Itu Anda. Itu jika Anda tidak mau belajar keterampilan dan keahlian yang diperlukan oleh bisnis tersebut. Pelajari risiko apa yang akan timbul, cari tau bagaimana cara mengatasi atau meminimalkan risiko tersebut.
  • Visi dan Misi Hidup Anda Jadikanlah Falsafah Usaha. Inilah sebetulnya tujuan hidup yang sedang Anda perjuangkan. Jadikan hal itu motivasi Anda. Ingat bisnis Anda adalah seperti kendaraan yang akan membawa Anda sampai ke tujuan.
  • Pakailah Sedikit Uangmu Sendiri untuk Memulai Usaha. Perhatikan Kamu akan belajar banyak jika pakai uangmu sendiri untuk menjalankan usaha. Jangan Anda gunakan semua harta dan modal untuk memulai bisnis. Hindari optimisme, imbangi dengan berlaku konservatif dalam meramalkan kebutuhan modal, ketepatan waktu, penjualan dan laba. Sehingga Anda selalu memiliki modal cadangan untuk hal-hal tak terduga.
  • Lokasi Usaha Strategis Itu Penting. Namun jika pengalaman, keterampilan dan modal pas-pasan, lokasi usaha tidak harus selalu strategis. Lokasi strategis itu tempat para pesaing yang sudah berpengalaman, makannya harga lokasinya jadi mahal. Agar segera memulai usaha, gunakan saja lokasi yang sesuai kemampuan yang Anda miliki. Suatu saat jika Anda sudah siap bersaing, mencari lokasi strategis mulai dipertimbangkan.
  • Produk atau Jasa adalah Pilihan Konsumen Bukan Pilihan Anda. Jadi Anda harus melakukan riset pasar tentang apa masalah yang dihadapi pelanggan, apa kebutuhan, keinginan, permintaan dan bagaimana daya beli calon konsumen Anda. Itu jika Anda ingin usaha Anda cepat berkembang.
  • Rencana Usaha Harus Sesuai Latar Belakang. Dalam membuat rencana usaha jangan mengada-ngada, ingat Anda bukan sedang merencanakan suatu kegagalan. Perhitungkan kekuatan yang dibutuhkan dengan kemampuan yang Anda miliki. Jika ada sesuatu hal yang baru bagi Anda segera tingkatkan pengetahuan dan keahlian Anda.
  • Mulailah Segera Bertindak. Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri namun tidak pernah dibarengi oleh langkah nyata, akibatnya mimpi hanyalah mimpi. Keberhasilan berangkat dari langkah nyata, memulai usaha tidak harus menunggu semuanya sempurna. Usaha kecil atau usaha besar bukanlah ukuran keberhasilan. Yang terpenting adalah langkah nyata Anda.
  • Promosikan Usaha Anda Secepatnya. Jika usaha Anda ingin secepatnya dikenal dan mendatangkan keuntungan usaha, carilah cara-cara yang murah atau gratis untuk memperkenalkan usaha Anda kepada calon pelanggan mulai dari lingkungan yang terdekat sampai yang terjauh.
  • Bangun Sistem yang Tepat untuk Bisnis dan Karyawan Anda. Jangan sampai Anda terjebak menjadi pegawai dalam bisnis Anda sendiri selamanya. Berbisnis itu membosankan dan membingungkan. Anda harus fokus pada permasalahan dan perkembangan usaha, sedangkan untuk hal-hal dan pekerjaan rutin serahkan ke orang lain.
  • Bermurah Hatilah dengan Masyarakat. Bersedekah dan bermurah hatilah jika bisnis Anda ingin berkembang berlipat ganda. Berwirausaha bukanlah hanya untuk kepentingan diri dan ke keluarga sendiri, tapi juga untuk membantu orang lain.
  • Bisnis Mulai Lancar? Jika bisnis Anda bisnis kecil janganlah terus bersedih hati. Begitu juga jika bisnis sudah mulai lancar janganlah Anda terlena. Ada saatnya Anda harus memikirkan bagaimana agar bisnis Anda segera berkembang untuk “naik kelas” atau “melebarkan sayap”, Itu jika Anda memang seorang entrepreneur

Bagi pemula, bisnis atau usaha yang dimulai tanpa adanya kiat atau langkah-langkah strategis yang khusus maka bisnis tidak akan bisa berjalan dengan mulus, sekalipun sebetulnya anda memiliki modal yang banyak dan keberanian dalam mengambil langkah.

Bisnis bukan hanya perlu modal namun juga strategi dan keterampilan usaha yang diperlukan yang akan menggiring Anda ke arah keberhasilan. Mudah-mudahan ringkasan dan kiat di atas yang sudah saya jalan dapat membantu Anda untuk lebih yakin bertindak memulai suatu usaha.

 

Oleh    : Asmat Sulitnih

Motivator Usaha

Jl. Bayem 2 /289 Blok A.

Kel. Gandaria Utara. Kec.Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

E-mail [email protected]

Website : asmatrch.wordpress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.