Sukses Memaksimalkan Peluang yang Ada

0
1255
Pangkas rambut (dok bwxter barbershop)
Pojok Bisnis

 

Guru bisnis saya bilang, peluang bisnis itu jumlahnya banyak sekali. Jadi, bohong besar jika ada orang mau memulai usaha, kemudian mengurungkan niatnya karena tidak ada peluang. Mau tahu seberapa banyak peluang bisnis yang ada? Lihatlah tubuh Anda di depan cermin. Begitu banyak peluang bisnis di sana.

Pegang rambut Anda. Berapa banyak orang yang kaya-raya dari bisnis jepit rambut? Berapa orang yang makmur hidupnya dari bisnis potong rambut? Dan masih ada sederet lagi peluang bisnis lain yang berpangkal dari rambut, misalnya minyak rambut, cat rambut, pita, shampo, klinik penanggulangan kebotakan dan lain-lain.

Itu baru dari rambut. Coba Anda eksplorasi peluang bisnis dari anggota tubuh lain seperti telinga, wajah, atau kaki. Sangat banyak bukan? Mengapa ada orang yang mengatakan sulit dapat peluang bisnis? Karena hampir semuanya membuat tembok ketika mau memasuki suatu peluang bisnis. Setiap kali mereka mau menekuni suatu bisnis, mereka menentukan syarat-syarat tertentu untuk bisa sukses di bidang itu.

Top Mortar gak takut hujan reels

Apa syarat-syarat itu? Biasanya, hampir semua orang yang mau mulai usaha, mempersyaratkan sejumlah modal untuk mulai usaha. Syarat lainnya adalah yang terkait dengan keberadaan jejaring, baik produsen maupun distributor untuk pasokan produk tertentu. Dan masih banyak syarat-syarat yang bisa disebutkan, antara lain soal pengalaman atau pengetahuan, keberadaan tempat untuk berusaha maupun dukungan dari keluarga.

Pertanyaannya, apakah semua syarat-syarat itu harus dipenuhi dahulu untuk bisa mulai usaha? Jawaban saya tegas. Tidak. Karena jika kita harus memenuhi semua syarat di atas baru mulai usaha, tentu butuh waktu yang cukup lama.

Jadi, untuk memulai usaha, berlaku Hukum Peluang yang bunyinya “Peluang memulai usaha akan semakin besar jika syarat-syaratnya sedikit”. Sebaliknya, semakin banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi, maka peluang kita memulai usaha akan semakin kecil. Buat Anda yang akan segera memulai usaha, jangan kebanyakan syarat.

Mulai saja dari apa yang Anda mampu. Tidak perlu menunggu modal terkumpul cukup banyak. Tidak perlu menunggu seluruh jejaring siap membantu. Tidak perlu menunggu seluruh anggota keluarga mendukung.

Tidak perlu juga menunggu Anda menguasai keterampilan atau pengetahuan di bisnis itu. Kelamaan! Mulai saja sekarang. Percayalah, cepat atau lambat semua syarat itu akan terpenuhi bersama dengan berjalannya waktu. Selamat Berwiraswasta!

 

Oleh: Zainal Abidin

Pengusaha, Pelatih Wirausaha, Penulis Buku,

dan Headmaster Sekolah Monyet

Email: jayteroris@yahoo.com

Website: www.zainalabidin.net, www.sekolahmonyet.com

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.