5 Cara Pelayanan Terbaik Bisnis Online

0
180

Costumer is king in the business

Dalam berbisnis, pendekatan ke konsumen menjadi kunci utama dari terbentuknya kepercayaan. Ketika konsumen percaya dengan bisnis kita, maka konsumen akan membeli setiap produk yang keluar dari bisnis kita.

Kepercayaan inilah yang membuat konsumen kita akan memutuskan apakah menjadi pelanggan setia atau sebaliknya.

Selain itu ketika konsumen puas dengan pelayanan yang kita berikan, konsumen biasanya akan merekomendasikan produk bisnis kita kepada teman-temannya.

Karena pentingnya memberikan pelayanan bagi konsumen, maka entrepreneurID akan sharing tentang 5 cara memberikan pelayanan terbaik untuk bisnis online.

Yuk kita mulai dari yang pertama,

Yang Pertama, Respon Cepat
Hal yang paling disukai oleh konsumen adalah respon yang cepat. Respon cepat akan membuat konsumen akan merasa nyaman karena mereka akan merasa paling diperhatikan.

Kekurangan dalam bisnis online adalah kita tidak bertatap muka dengan konsumen maka ketika kita memberikan respon yang cepat akan semakin percaya dengan produk yang kita punya.

Ingatlah bahwa kepercayaan konsumen bisa terus-menerus berkurang atau bisa jadi hilang karena respon lama yang kita berikan.

Yang Kedua, Menyapa Konsumen Dengan Cara Yang Tepat
Maksudnya adalah ketika ingin melakukan komunikasi dengan konsumen maka carilah kata sapaan yang tepat.

Komunikasi akan nyaman ketika kita membuka dengan kondisi yang benar seperti menanyakan kabar konsumen.

Jangan langsung menyapa konsumen dengan inti dari pembicaraan, seperti langsung mengungkapkan penjelasan produk dan sebagainya.

Kalimat awal akan menentukan jalannya komunikasi sampai ke akhir pembicaraan, jadi siapkanlah kalimat sapaan yang tepat untuk konsumen bisnis kita.

Contoh kalimat pembuka bisa dengan menanyakan kabar atau menawarkan bantuan seperti “bagaimana kabarnya kak ?” atau “Halo, bagaimana saya dapat membantu kamu hari ini ?”

Yang Ketiga, Memberikan Solusi
Dalam berkomunikasi dengan konsumen, fokuslah memberikan solusi yang dibutuhkan oleh mereka.

Ketika konsumen menceritakan kendala yang mereka sedang hadapi, maka jadilah pendengar yang baik lalu fokus untuk mencarikan solusi atas masalah tersebut.

Bayangkan jika kita berhasil memberikan solusi bagi masalah konsumen. kepercayaan akan bertambah dan dampaknya bisa mengubah konsumen dari pembeli menjadi pelanggan.

Yang Keempat, Memberikan Informasi Dengan Cara Yang Sederhana
Para konsumen lebih cenderung suka sesuatu yang sederhana dan tidak ribet.

Kebanyakan dari pebisnis, khusunya para pebisnis pemula ketika ingin menyampaikan sesuatu terlalu bertele-tele sehingga para konsumen agak jenuh dan tidak fokus atas informasi yang kita sampaikan.

Maka dari itu buatlah sesuatu dengan lebih sederhana, contoh dengan membuat katalog yang berisi produk yang kita tawarkan.

Sehingga para konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari bisnis kita.

Yang Kelima, Cara Menutup Interaksi Dengan Konsumen
Ketika komunikasi sudah hampir berakhir dan semua hal yang kita ingin sampaikan sudah tersampaikan ke konsumen, janganlah meninggalkan komunikasi dengan begitu saja.

Tutup komunikasi dengan melakukan interaksi seperti “ oke kak jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi saya “.

Dengan begitu, konsumen akan merasa dihargai dan tidak merasa seperti “habis manis, sepah dibuang”.

Oke itulah 5 cara memberikan pelayanan terbaik untuk bisnis online yaitu
• Respon Cepat
• Menyapa Konsumen Dengan Cara Yang Tepat
• Memberikan Solusi
• Memberikan Informasi Dengan Cara Yang Sederhana
• Cara Menutup Interaksi Dengan Konsumen

Belajarlah menjadi pendengar yang baik bagi konsumen.

Setiap orang akan merasa nyaman ketika mereka merasa didengarkan, maka jadilah pendengar yang baik karena ketika kita sudah menjadi pendengar yang baik untuk para konsumen kita, secara tidak langsung konsumen akan merasa bahwa kita memperhatikan dan peduli dengan mereka.

Sehingga kepercayaan terhadapat bisnis kita akan terjaga.

Selamat mencoba tips diatas kepada para konsumen di bisnis kita, semoga lelah kita dalam membantu orang lain dalam perjalanan bisnis.

 

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.