Tips Bisnis Anti Mandeg dan Kian Berkembang

0
91

 

Jika saat ini usaha Anda sudah berjalan tetapi belum ada kemajuan yang signifikan, atau cenderung merugi, berarti ada sesuatu yang salah dan harus segera dievaluasi. Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda jalankan:

Evaluasi Lokasi Usaha

Cobalah untuk mengevaluasi lokasi usaha Anda. Apakah lokasi usaha sekarang sudah berada di tempat yang tepat? Lokasi usaha yang banyak dilewati orang akan jauh lebih baik karena akan mempercepat brand awareness.

Jika lokasi saat ini tidak terlalu strategis, maka ada dua pilihan  yang dapat dipilih, yaitu pindah lokasi atau melakukan program marketing yang lebih agresif agar orang mulai tahu bisnis Anda.

Evaluasi Harga

Lakukan evaluasi harga jual produk. Cara paling mudah adalah dengan survei ke kompetitor terdekat. Pastikan harga jual Anda tidak lebih mahal dibanding kompetitor apabila kualitasnya sama. Anda boleh menjual dengan harga yang lebih mahal jika kualitas produk memang lebih baik.

Evaluasi Pelayanan

Apakah selama ini Anda sudah memberikan pelayanan terbaik (service excellence) kepada semua pembeli yang datang? Jika ternyata Anda belum melakukan dengan benar, segeralah untuk memperbaikinya.

Usaha Anda pasti tidak akan berhasil jika pelayanan tidak baik. Ingat! Pembeli bisa pindah ke kompetitor kapan saja jika mereka merasa tidak nyaman dengan pelayanan Anda.

Evaluasi Program Marketing

Sudahkan Anda melakukan kegiatan marketing untuk membuat masyarakat tahu tentang produk yang Anda jual dan lokasi usaha Anda? Apabila belum pernah melakukannya maka wajar saja usaha Anda tidak berkembang.

Perlu diketahui bahwa semua usaha wajib menjalankan kegiatan marketing agar bisa bertumbuh/berkembang. Tetapi jika Anda ternyata sudah melakukannya tetapi belum berhasil, maka Anda harus mengevaluasi – apakah selama ini program marketingnya sudah tepat sasaran atau belum serta apakah program marketing sudah dilakukan secara berkala atau tidak.

Setelah melakukan semua evaluasi di atas dan melakukan perbaikan yang diperlukan, Anda dapat mulai menjalankan program promosi – agar dapat menarik calon pembeli untuk datang.

Tentu saja Anda harus melakukan promosi dengan perhitungan yang matang. Jangan sampai promosi yang Anda lakukan makin membuat usaha lebih terpuruk karena rugi. Buatlah program promosi yang kreatif dan tidak hanya mengandalkan perang harga dengan kompetitor.

 

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

Oleh: Yoyok Indroyatmo

Pengamat Wirausaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.