Trik Pasarkan Pajangan Batik ke Luar Negeri

0
414
Industri batik Indonesia. (Magelangkota.go.id)

 

 Untuk memasuki pasar luar negeri walaupun itu hanya negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, ada langkah awal yang harus dilakukan  yaitu menganalisis faktor-faktor makro dari negara yang akan dituju. Ini berguna untuk melihat peluang pasar dan hambatan atau ancamannya. Faktor demografi yang menyangkut income per kapita penduduk yang menunjukkan daya beli menjadi perhatian utama.

Sebagai contoh Singapura memiliki daya beli lebih tinggi dibanding misalnya Myanmar. Lalu dianalisis juga faktor makro lain seperti peraturan pemerintah dari negara yang kita akan masuki. Apakah negaranya secara politik stabil atau tidak. Kalau kita memasuki pasar di negara yang seringkali bergolak tentu membuat risiko bisnis kita yang tinggi.

Faktor makro lain menyangkut geografik seperti kemudahan akses wilayah atau adanya infrastruktur, lalu budaya, kondisi ekonomi negara. Faktor makro yang sangat penting juga adalah selera pasar atau konsumen. Untuk itu ada baiknya Anda melakukan kunjungan dulu ke negara-negara yang akan dimasuki.

Sebagai contoh mau ekspansi ke Singapura. Untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar berbagai produk kerajinan di Singapura tentu sangat bermanfaat bila kita datang langsung ke Singapura dan mengamati kerajinan atau pajangan apa saja yang sedang digandrungi. Riset kecil-kecilan perlu dijalankan termasuk kalau mungkin bertanya ke sejumlah orang di negara yang akan kita masuki. Kita tanyakan seperti apa selera mereka terhadap produk kerajinan khususnya pajangan rumah.

Di samping itu juga mengamati dan meneliti para ritel yang menjual produk pajangan, siapa pemain utama dan siapa yang mendominasi. Bisa jadi nantinya kita akan bersaing dengan produk dari Indonesia sendiri.

Namun kalau kita segan berkunjung, kita bisa juga melakukan eksplor melalui internet. Kita jelajah menggunakan google.com atau search engine yang lain untuk mengetahui kondisi pasar di negara yang akan kita tuju. Informasi ini penting karena barang yang laku di sini belum tentu laku di negara lain.

Untuk memasuki pasar luar negeri, kita perlu kerja sama dengan pemain atau distributor lokal di negara tersebut. Untuk itulah perlunya berkunjung sembari mendatangi toko-toko yang menjual berbagai kerajinan yang ada di negara tujuan. Lalu kita membawa sampel produk dan menawarkan kerja sama dengan mereka. C

ara memasuki pasar ke luar negeri ada beberapa cara seperti ekspor, kontrak produksi, kontrak manajemen dan paling tinggi berbentuk investasi langsung (seperti bangun pabrik di negara yang kita masuki).

Untuk tahap awal sebaiknya memakai ekspor saja dengan bekerja sama dengan distributor setempat. Itulah sebabnya perlu mencari jalinan kerja sama distributor lokal. Untuk pendekatan ini kita bisa lakukan melalui email dulu. Kita cari lewat internet distributor atau toko penjual produk kerajinan. Lalu kita pendekatan ke mereka dengan email.

Kita tawarkan berbagai produk Andalan yang pastinya tidak ditemukan pada produk lain dan keuntungan dari mendistribusikan produk kita. Kita kumpulkan distributor-distributor yang tertarik, lalu lakukan pertemuan bisnis untuk memastikan segala sesuatu menyangkut kerja sama pemasaran.

Lalu bagaimana menentukan negara mana yang cocok dengan produk kita, ada baiknya kita pilih negara yang penduduknya memiliki selera pasar cocok dengan produk kita. Ini biasanya dipengaruhi kultur atau budaya. Sebagai contoh kalau kita memasarkan ke Asia apalagi yang dekat seperti Malaysia, lebih mirip kesukaannya dibanding kita menawarkan produk ke Eropa atau AS. Karena pada dasarnya ini menyangkut strategi global kita.

Secara umum ada dua pilihan strategi yaitu standardisasi (standardized) dan penyesuaian dengan setempat (customized). Kalau standardisasi, maka produk yang kita pasarkan sama dengan yang sudah ada saat ini, tanpa banyak perubahan. Namun kalau kita memilih customized maka produk yang kita tawarkan harus disesuaikan secara besar-besaran dengan keinginan konsumen di negara yang kita masuki. Memang, memasuki pasar di negara asing butuh analisis yang lebih dalam.

Saya sarankan Anda membaca buku teks ”International Marketing” atau Pemasaran Internasional untuk mendalami lebih jauh strategi memasuki pasar asing. Selamat memasarkan produk Anda ke negara asing dan bawa nama Indonesia lebih luas di kancah bisnis internasional sehingga produk Indonesia bisa memenangkan persaingan global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.