Tips Sukses Pemasaran Bisnis Jasa Logistik

0
249

 

Mengembangkan bisnis logistik cukup bagus mengingat  peluang pasarya cukup besar. Ada 3 pilihan jasa yang bisa diambil dalam bisnis ini, yaitu jasa logistik dengan angkutan darat, jasa logistik dengan  kombinasi angkutan darat dan udara atau angkutan darat dan laut, serta jasa logistik yang menggunakan angkutan darat, udara dan laut. Sebagai pemula sebaiknya Anda memulai dari penggunaan jasa logistik dengan angkutan darat.

Jasa logistik yang ditawarkan bisa  dalam bentuk fisik berupa pengiriman barang, namun biasanya marginnya tipis. Selain itu bisa masuk ke jasa pergudangan, dan  bisa pula masuk ke jasa logistik skala nasional/regional bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi. Namun untuk yang terakhir skalanya lebih luas, dan pengaturannya  lebih rumit mengingat tidak  mudah dalam  pengiriman barang dari pusat ke daerah apalagi pelosok.

Bisnis logistik  berkaitan dengan  masalah detail, sehingga salah sedikit bisa rugi. Karena itu antara data fisik dengan data dalam komputer harus selalu matching. Dalam bisnis ini pelaku usaha juga harus mengerti mengenai proses bisnis logistik, memiliki jaringan komputer terutama dilengkapi dengan sistem barcode, serta memiliki karyawan khususnya bagian gudang  yang tangguh.

Bisnis logistik hampir dibutuhkan semua perusahaan skala kecil maupun besar.  Yang sederhana saja, Anda bisa menyasar para pedagang yang membeli barang dalam jumlah cukup besar dari pusat grosir di Tanah Abang Jakarta atau pusat grosir di lokasi lain, yang akan mengirim barangnya ke daerahnya masing-masing (retailing logistic). Tentu saja  dalam hal ini dibutuhkan sarana  angkutan pengiriman yang memadai.

 

oleh: Yadi Budhi Setiawan

Pengamat Marketing dari Konsultan Force One

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.