Apa yang Benar-Benar Membuatmu Sukses?

0
298
Alasan sukses (dok 168solution.com)

 

 Ada cerita menarik. Dalam sebuah penerbangan seorang penulis duduk di samping seorang gadis yang amat kegirangan. Wajahnya seperti bunga matahari yang bermekaran. Begitulah kesenangannya. Karena, itu penerbangan pertama baginya. Mungkin juga menjadi terakhir. Sebab, gadis itu melakukan perjalanan untuk memenuhi undangan sahahabatnya di California.

Meski demikian, gadis ini mempunyai rasa penasaran yang besar dalam dirinya. Hal itu ia perlihatkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ia lontarkan pada orang-orang yang ia jumpai. Seperti ia bertanya kepada jutawan di samping tempat duduknya. Perempuan itu bertanya kepada sang jutawan, “Apakah Anda sudah sukses?” “Apakah Anda seorang jutawan”. Sang jutawan memberikan jawaban sederhana atas pertanyaan perempuan di sebelahnya. Untuk jawaban pertama, sang jutawan menjawab, bahwa dirinya bukanlah orang sukses. Sambil menceritakan beberapa kesuksesan yang telah ia raih dalam bisnisnya.

Sementara pertanyaan kedua ia menjawab, “Ya, saya seorang jutawan, tetapi saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi. Saya tidak mengejar uang, dan uang tidak terlalu penting bagi saya”. Sang jutawan menjawab seperti itu, karena ia memiliki prinsip. “Selama saya bekerja mengeluarkan seluruh potensi dalam diri saya, uang pasti mendekati saya”.

Namun, ada pertanyaan dari sang gadis, yang membuat si jutawan terus terngiang-ngiang. “Apa yang benar-benar membuatmu sukses?” tanya sang gadis. “Maaf, saya tidak tahu. Saya pikir itu terjadi begitu saja,” jawab jutawan.

Dalam perjalanan dari bandara menuju tempat konferensi, si jutawan terus terpikir dengan pertanyaan yang belum bisa ia tuntaskan dan belum terjawabkan olehnya. Sehingga ia berpikir, apa yang membuat dirinya menjadi sukses?. Bagaimana proses perwujudan kesuksesan yang terjadi pada orang yang mengubah kehidupan? Seperti, Oprah, Bill Gates, Donald Trump, Michael Jordan, dan orang-orang sukses lainnya.

Dalam pikiran sempat terlintas juga “Bayangkan bila ada orang yang mewawancarai mereka tentang proses mereka menjadi sukses seperti saat ini, sungguh sesuatu yang bermanfaat bagi yang menginginkan kehidupan idealnya”. Lalu, ia bertanya lagi kepadanya, “Mengapa bukan aku saja?

Setelah itu, sang jutawan memutuskan untuk mewawancara orang-orang sukses pada bidangnya masing-masing. Bukan hanya bisnis IT, Property, tetapi juga di bidang lain. Seperti olahraga, masak, perkebunan, ayah terbaik, dan berbagai macam lainnya. Hampir 10 tahun lebih, ia berhasil bertemu sebanyak 500 orang. Dan, ia merekam semua pertemuan itu.

Dari keseluruhan data yang ia miliki. Menurutnya, ada kesamaan antara orang-orang sukses itu. Kesamaan tersebut sedikitnya ada 8 faktor. Passion, kerja keras, fokus, motivasi, ide, pengembangan diri, melayani dan tekun. Dan, hasil riset wawancara tersebut telah dibukukan dalam “The 8 Traits Successful People Have in Common; 8 To Be Great”. Gramedia menerbitkan dengan judul 8 Sifat untuk Sukses : To Be Great. Si jutawan yang menulis buku tersebut adalah Richard St. John.

Kemudian, dari 500 orang yang telah diwawancarai itu, Richard menyimpulkan, orang-orang itu sama-sama memiliki sifat yang mengantar mereka, menjadi orang berhasil di bidangnya. Yaitu; Passion, kerja keras, fokus, motivasi, ide, pengembangan diri, melayani dan tekun.

Richard mengakui, selain dari 8 sifat tersebut, banyak faktor pendukung lainnya, yang akan mengatarkan orang-orang yang telah ia wawancarai sampai ke puncak karier mereka. Seperti, keterampilan sosial, memimpin, komunikasi dan sebagainya. Tetapi, kedelapan sifat tadi, merupakan landasan, bila tanpa memiliki sekunder lainnya, maka orang tersebut masih bisa mencapai titik tertinggi kariernya. Seperti, beberapa ilmuwan, mereka kurang bisa bergaul dengan lingkungan. Tetapi, tidak menghalangi mereka, karena telah memiliki kedelapan sifat tadi.

Menariknya, kedelapan sifat yang mengantarkan para ilmuwan, ahli memasak, berkebun bunga, painter, dan ratusan orang yang telah diwawancarai itu, memiliki sifat tersebut, bukan karena faktor genetika disebabkan oleh orangtua mereka sukses, maka mereka menjadi sukses. Tetapi, itu semua, hasil tindakan dan determinasi yang mereka usahakan sendiri.

Artinya, tidak ada jaminan. Bila orangtua Anda hari ini ahli di bidang properti dan sukses dalam hal tersebut, maka Anda sebagai anaknya, juga akan meraih kesukesan yang sama. Akan tetapi, seandainya pun ada, itu terjadi karena perhatian sang anak terhadap perilaku orangtua, kemudian keterampilan tersebut tertanam dalam bawah sadar Anda. (modelling).

Kemudian Richard menitipkan catatan untuk para orangtua; ”Jika Anda masih berusaha menanamkan sifat-sifat sukses ke dalam diri anak-anak Anda, namun tampaknya belum ada yang tertanam, jangan panik. Teruslah menanamkan benih-benih kesuksesan tersebut. Pada akhirnya benih tersebut akan bertunas dan suatu saat nanti, tanpa terduga-duga, anak-anak Anda akan melakukan delapan sifat ini. Jika Anda beruntung, hal ini akan terjadi sebelum rambut Anda memutih.”

Berdasarkan hasil wawancaranya, Richard mengungkapkan, “Rahasia kesuksesan adalah bahwa TIDAK ada rahasia menjadi sukses”. Karena, 8 Sifat untuk Sukses: 8 To Be Great, landasan yang mengharuskan pemilik karakteristik tersebut melakukan sesuatu. Atau, 8 sifat itu, adalah tindakan.

Sifat sukses itupun, bukanlah sesuatu hal yang baru. Sebab, itu telah menjadi jalan tol bagi orang-orang dahulu. Richard mengutip beberapa perkataan para tokoh yang membuat mereka sampai ke titik pencapaian tertinggi mereka. Michaelangelo, “Jika saja orang-orang tahu betapa keras aku bekerja untuk mendapatkan kemampuanku, karyaku tidak akan tampak sebegitu indahnya”. Charles Dickens (Penulis), “Aku tidak akan pernah menjadi seperti aku sekarang, tanpa kemauan keras untuk berkonsentrasi pada satu demi satu hal”. Napoleon Bonaparte, “Kemenangan adalah milik mereka, yang paling tahan banting”.

Setelah melihat kembali perjalanan hidup yang telah Richard alami di masa lalunya, Akhirnya Richard mengerti, memahamai dan bisa menjawab pertanyaan gadis yang duduk sebelahnya, dalam pesawat menuju konferensi TED. Pertanyaan dari sang gadis itu pula, menginspirasinya melakukan wawancara kepada 500 orang yang berhasil di bidangnya masing-masing. Bahwa ia, telah melakukan hal-hal 8 delapan sifat sukses ini. Meskipun dengan cara yang berbeda-beda.

Dan kini aku mengerti, bagaimana orang yang biasa-biasa saja seperti ku, nyaris tidak lulus SMA, bisa meraih sukses dan menjadi jutawan. Aku melakukan banyak kesalahan dalam hidupku, tetapi kedelapan sifat tersebut telah menyelamatkanku dan membawaku menuju sukses. Jika kedelapan sifat tersebut bermanfaat untukku, pasti demikian juga untuk orang lain”.

 

Oleh    : Rahmadsyah Mind-Therapist

Trainer Soft-Skill, Associate Trainer @Tantowi Yahya Plublic Speaking School dan Lembaga Pelatihan Ratih Sang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.