Strategi Mendongkrak Penjualan

0
225
Bisnis Roti Rumahan (dok juragan donat)

 

Pada dasarnya suatu usaha itu harus untung, karena dari usaha inilah kita harus hidup. Kalau usaha rugi atau tombok berarti ada berbagai masalah yang sedang dihadapi dan harus segera diatasi.  Bila tidak usaha yang dijalankan akan berhenti atau gulung tikar. Kalau harga sudah ditentukan pasar, berarti usaha yang kita jalankan harus efisien.

Dalam pemasaran roti aneka rasa ini, harus dilihat dari produk roti yang kita tawarkan. Sebenarnya yang kita jual itu bukan hanya sekadar rotinya saja, tetapi yang dijual adalah rasa dari roti itu sendiri. Bila rotinya tidak enak, maka tentu menjualnya juga sukar. Untuk mengetahui roti itu enak kita perlu melihat dan merasakan roti pesaing. Bisa juga melakukan riset dengan membeli berbagai macam roti, kemudian hilangkan bungkus plastik mereknya, dan orang lain diminta untuk merasakan yang paling enak yang mana. Dengan demikian kita tahu apakah roti kita benar-benar enak atau tidak.

Bila tidak enak, maka perlu dilakukan perbaikan dari hal rasa. Bila enak roti perlu diberi merek sebagai tanda, sehingga pelanggan tahu bahwa roti merek tersebut enak. Pemberian kemasan dengan merek adalah teknik promosi yang sederhana dalam pemasaran. Selain itu, untuk menarik konsumen roti bisa dibuat dengan berbagai cara. Misalnya bentuk agak beda dan menarik. Bisa juga dengan berbagai rasa, misalnya cokelat, keju, strawberry, dan aneka rasa lainnya.

Selain membuat roti itu lebih menarik, ada baiknya kita menentukan pasar konsumen. Menentukan pasar konsumen dilihat dari kebutuhan siapa yang membutuhkan makan roti, karena masih belum banyak orang sarapan dengan roti. Kebanyakan dari mereka membeli roti untuk bekal kantor atau sekolah. Umumnya roti seperti ini yang paling banyak dicari orang, terutama bila ada perayaan atau event, dijadikan sebagai snack yang dimasukkan dalam kotak atau box. Maka menjual roti untuk pertemuan adalah salah satu alternatif sebagai target konsumen. Dengan demikian perlu ada brosur yang disebar ke kantor, atau sekolah kalau menerima pesanan snack kotak.

Untuk lebih mengembangkan usaha roti aneka rasa yang Anda jalankan, dipastikan agar rasa roti selalu konsisten untuk semua produknya dari hari ke hari. Langkah berikutnya adalah perluasan pasar. Selain dengan cara menerima pesanan dan menyebarkan brosur, perluasan pasar juga dengan masuk ke kios-kios lainnya. Untuk perluasan pasar ini memang yang Anda butuhkan adalah para sales yang siap memasarkan produk kita.

Mencari sales yang bisa bertahan lama bukanlah hal yang mudah. Tetapi bila produk yang Anda jual laku, maka para sales juga akan senang bekerja. Tetapi sebaliknya, jika produk tidak laku maka para sales jadi tidak betah. Bila produk laku, maka akan memberi motivasi untuk mereka. Dan pendapatan mereka sebaiknya cukup untuk memenuhi kebutuhan, karena kalau tidak para sales akan mundur dan mencari pekerjaan di tempat lain.

 

Oleh: Yanto Sidiq Pratiknyo, Ir., MA

Pengamat Bisnis dan Entrepreneurship PPM Manajemen

Jl. Menteng Raya 9, Jakarta 10340

Web: ppm-manajemen.ac.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.