Kualitas Produk dan Layanan Jadi Value Added Menangkan Persaingan

0
135
womenpreneur (dok dnaindia.com)

Jika diperhatikan dunia usaha tanah air tengah terjadi fenomena semakin banyaknya jumlah wanita yang terjun ke dunia usaha, bahkan tidak sedikit yang mereguk kesuksesan. Namun fenomena tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang aneh, pasalnya ada banyak alasan bagi perempuan untuk menjadi seorang wirausaha. Mulai dari jam kerja yang fleksibel, menjadi bos untuk diri sendiri, kebebasan berkreasi, namun tetap memiliki banyak waktu berkumpul dengan keluarga menjadi beberapa alasan bagi perempuan memilih menjadi wirausaha.

Bukan rahasia lagi kalau kendala bagi seorang wanita khususnya ibu rumah tangga dalam menjalankan usaha adalah sulit membagi waktu antara mengerjakan pekerjaan rumah dengan mengembangkan usaha. Akibatnya banyak yang tertekan dan menjadi tidak fokus dalam menjalankan usahanya. Solusinya adalah dengan manajemen waktu dan manajemen komunikasi baik dengan keluarga maupun karyawan agar tercipta agar sistem yang dapat berjalan dengan seimbang, efektif, efisien dan menguntungkan tanpa harus selalu bentrok.

Dalam dunia usaha pasti terdapat persaingan yang tidak hanya sesama womenpreneur tetapi juga dengan pengusaha laki-laki tidak bisa dihindari. Maka perlu strategi khusus untuk memenangi persaingan yaitu dengan melakukan inovasi meningkatkan kualitas produk dan layanan sehingga menjadi value added dibanding pesaing lainnya. Selain itu perlu melakukan promosi yang tepat, perluasan pasar serta evaluasi agar lebih baik lagi.

Berikut ini kunci sukses untuk wanita dalam membangun usahanya:

  1. Jangan Pernah Berhenti Berusaha. Mengejar peluang usaha memang tidak sederhana dan melelahkan. Karena sukses tidak datang seketika. Supaya bisa sukses seorang woman preneur harus ngotot mempertahankan keyakinan, tidak perlu berkecil hati dan putus asa. Terus melebarkan jaringan dan sumber daya agar bisa membuat usaha semakin dikenal dan dicari orang.
  2. Menjalankan Bisnis secara Konsisten dan Tekun. Seorang woman preneur harus memiliki motivasi yang kuat dan pantang menyerah/tidak tergoyahkan. Tanpa motivasi yang kuat, akan mudah patah semangat selama menjalankan bisnisnya.
  3. Bersosialisasi Melalui Media. Saat ini dengan adanya sosial media yang sangat popular yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para wanita khususnya yang sudah memiliki usaha, menjadi media yang sangat penting bagi strategi pemasaran bisnisnya.
  4. Memanfaatkan Media Komunitas atau Jejaring. Sebagai woman preneur, dukungan dari berbagai pihak menjadi sangat penting dan salah satunya jaringan bisnis seperti komunitas bisnis. Teman-teman di dalam komunitas bisa menjadi mesin yang dapat dimanfaatkan dengan prinsip saling menguntungkan.

Komunitas online seperti group FB, WA, dan madia sosial lainnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sering berkumpul dengan teman, rekan, kenalan merupakan tips usaha sukses. Arisan, makan siang, kumpul keluarga, merupakan acara sosial yang bermanfaat.

Dengan tips dasar yang sederhana diatas, setidaknya womanpreneur bisa tahu bagaimana usaha kecil bisa sukses walaupun hanya dengan modal kecil.

 

Oleh:

Wury Hapsari, Ketua Womenpreneur Community Bekasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.