Problem adalah Profit

0
266
Problem adalah profit )dok investopedia.com)

Norman Vincent Peale, seorang pengkhotbah dan penulis yang terkenal dengan bukunya The Power of Positive Thinking (1952), pernah berkata, “Ketika Tuhan ingin mengirimkan hadiah pada Anda, Dia akan membungkusnya dalam masalah. Semakin besar hadiah yang ingin dikirimkan Tuhan pada Anda, semakin besar masalah yang membungkusnya.”

Saya yakin selalu ada hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil di balik semua kemalangan, penderitaan, kegagalan, dan kesulitan yang kita hadapi. Seringkali kita hanya tidak menyadarinya saja.

Alasan-alasan berikut ini kiranya dapat memberikan Anda suatu pandangan positif mengenai keuntungan yang dapat diperoleh dari berbagai masalah yang Anda hadapi terutama dalam hal usaha atau pekerjaan:

Masalah membuat kita bertumbuh

Saya percaya bahwa setiap masalah dalam hidup ini dapat membuat kita bertumbuh. Setiap kali masalah muncul, ini merupakan tanda atau signal untuk kita meningkatkan diri dan mengubah cara berpikir kita. Sebagai contoh, jika Anda memiliki masalah keuangan, ini merupakan tanda bahwa Anda perlu meningkatkan cara Anda mengelola uang atau Anda perlu berubah dalam hal pengeluaran.

Mungkin Anda perlu mempelajari buku-buku mengenai keuangan. Katakanlah Anda sering bertengkar dengan rekan kerja Anda, ini merupakan tanda bahwa Anda perlu meningkatkan kemampuan interpersonal Anda. Mungkin Anda juga perlu berubah dalam cara berkomunikasi. Jadi dengan demikian masalah dapat membuat kita bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Masalah membuka kesempatan-kesempatan baru

Masalah adalah pintu yang terbuka untuk kesempatan. Di balik setiap masalah biasanya ada kesempatan-kesempatan baru yang datang.

Ada orang-orang yang berhasil mengembangkan usaha sendiri justru setelah di-PHK. Ada orang yang mulai merintis yayasan kanker setelah dirinya terkena penyakit tersebut. Ada juga orang yang memperoleh kesempatan untuk berjumpa dengan tokoh-tokoh penting karena musibah yang dialaminya.

Kalau Anda sedang menghadapi masalah sekarang, mungkin Anda perlu peka melihat kesempatan apa yang kira-kira terbuka bagi Anda.

Masalah mendorong kreativitas

Masalah-masalah yang ada seringkali mendorong kreativitas seseorang untuk menemukan jalan keluar atau solusi. Kalau Anda mengamati berbagai benda di sekitar Anda maka Anda akan menemukan ternyata benda tersebut diciptakan untuk memecahkan masalah yang ada.

Sebagai contoh, untuk mengatasi masalah kegelapan maka bohlam lampu diciptakan, untuk mengatasi masalah komunikasi jarak jauh maka telepon diciptakan, untuk mengatasi masalah transportasi maka kendaraan bermotor diciptakan.

Bayangkan ada begitu banyak bentuk kreativitas yang muncul justru saat ada masalah. Dengan demikian waktu Anda menghadapi masalah jadikan itu sebagai dorongan untuk memunculkan kreativitas dalam diri Anda.

Masalah menciptakan motivasi

Saya menemukan beberapa orang, motivasi dirinya justru tercipta ketika sedang menghadapi masalah. Seorang mahasiswa bisa menjadi sangat termotivasi belajar karena mengalami masalah yaitu tidak lulus ujian di semester lalu. Ada juga orang yang pola makannya dapat berubah total setelah mengalami vonis dokter mengenai kesehatannya.

Banyak sales malah termotivasi capai target saat terancam dikenakan sanksi atas pencapaiannya. Menurut saya ini merupakan manfaat lain dari suatu masalah. Anda dapat segera menciptakan motivasi diri dari masalah yang sedang Anda hadapi sekarang, untuk mengambil tindakan dan melakukan suatu perubahan yang positif.

Masalah mengajarkan banyak hal

Masalah-masalah kehidupan yang Anda lalui dapat mengajarkan banyak hal bagi Anda sehingga Anda dapat menjadi lebih bijaksana. Dengan adanya berbagai masalah maka Anda semakin memiliki pemahaman yang luas akan berbagai hal. Oleh karena itu, biasakan saat menghadapi masalah Anda bertanya kepada diri Anda,

“Manfaat apa yang dapat saya pelajari dari masalah ini?” Ada dua jenis proses belajar yaitu belajar melalui jalur pendidikan dan belajar melalui pengalaman hidup. Belajar melalui pengalaman hidup tentu adalah pembelajaran yang mahal dan perlu untuk Anda hargai.

 

Oleh: Haryanto Kandani

Achievement Motivator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.