5 Rekomendasi Investasi Properti Menjanjikan di Luar Jakarta

0
269
Darmo Hill, Surabaya.

Berempat.com – Industri properti kendati tahun ini dianggap masih belum juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, namun tetap dipandang seksi sebagai investasi masa depan. Sebab, bagaimanapun, kebutuhan manusia pada tempat tinggal tak akan bisa digantikan.

Jakarta sendiri menjadi ‘tambang emas’ bagi industri properti. Pasalnya, nilai properti di Ibu Kota terus melonjak setiap tahunnya. Namun, makin ke sini Jakarta kian padat sehingga terlihat sesak. Apalagi, nilai propertinya pun cenderung tinggi saat ini sehingga kita perlu merogoh kocek lebih dalam apabila ingin berinvestasi di properti.

Untuk itu, berinvestasi properti di luar Jakarta bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi, sebetulnya, banyak wilayah yang memiliki potensi tak kalah besar dengan Jakarta. Di bawah ini, Berempat.com merekomendasikan 5 proyek properti yang bisa menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi.

  1. Darmo Hill Apartment, Surabaya

Darmo Hill Apartment merupakan proyek properti yang dibangun oleh PT Dharma Bhakti Adijaya. Darmo Hill Apartment dibangun di atas lahan seluas 3,6 hektare yang terdiri dari 7 tower dengan total 2.000 unit.

Masing-masing tower akan terdiri dari 16 lantai low zone dan 16 lantai high zone, 3 lantai fasilitas, 1 lantai sky lounge, dan 2 lantai basement. Setiap lantai hanya akan terdiri dari 8 unit apartemen dengan tinggi ceiling 3,5 m. Setiap lantai juga dilengkapi 3 lift penumpang dan 1 lift barang.

Yang menjadi daya tarik dari Darmo Hill Apartment ialah dari segi pemandangan yang ditawarkan. Setiap tower akan memiliki balkon dengan pemandangan kota, gunung, kolam renang maupun perkebunan, dan golf.

Kemudian dari segi akses, Darmo Hill Apartement ini tergolong mudah karena dekat dengan jalan tol.

Terdapat 8 unit tipe yang ditawarkan oleh Darmo Hill Apartment, mulai dari 1 BR seluas 36 m2 hingga 3+1 BR dengan luas 144 m2. Untuk harga, 1 BR ditawar di kisaran Rp 1 miliar, 2 BR sekitar Rp 2 miliar, 3 BR di kisaran 3 miliar, dan 3+1 bedroom sekitar Rp 4 miliar.

2. Citinine Emporium World, Surabaya

Citinine Emporium World ini terdiri dari 3 menara apartemen dengan total unit berjumlah 1.400. Berbeda dengan proyek properti di atas yang diperuntukkan bagi tempat tinggal, Citinine Emporium World merupakan proyek properti untuk kawasan komersil. Harga yang ditawarkan setiap unitnya antara Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar.

3. The Harbour Nine, Surabaya

Masih dari pengembang yang sama, kali ini rekomendasinya yaitu The Harbour Nine. Hampir serupa dengan Citinine, The Harbour Nine juga diperuntukkan bagi kawasan komersil, tepatnya semi pergudangan.

The Harbour Nine memiliki 114 unit dengan ketinggian ceiling 5 meter sehingga memudahkan bongkar muat barang. Masing-masing unit terdiri dari tiga lantai dengan luas 4,5×13 meter.

Selain berfungsi sebagai gudang dan produksi industri ringan, unit The Harbour Nine juga bisa digunakan sebagai kantor pada lantai 2 dan 3.

The Harbour Nine sendiri memiliki lokasi yang strategis, yakni hanya berjarak 3 kilometer dari Pelabuhan Tanjung Perak. Untuk bisa membeli satu unit di The Harbour Nine, Anda perlu menyiapkan dana minimal Rp 4 miliar.

4. Airport Village, Surabaya

Airport Village Jl Bypass Juanda merupakan kawasan perumahan yang berlokasi dekat dengan bandara. Unit di Airport Village cocok untuk disewakan kepada para profesional yang merantau atau tinggal di Surabaya namun sering berpergian menggunakan pesawat karena lokasinya dekat dengan bandara.

Saat ini, harga untuk satu unit di Airport Village sudah cukup tinggi, yakni Rp 1,6 miliar. Padahal pada penawaran perdana per unit ditawar seharga Rp 700 juta.

Selain itu, saat ini pengembang akan membangun Rukos alias rumah yang dirancang berkonsep kos-kosan di kawasan Airport Village. Rukos akan dibangun 2 lantai dengan 2 kamar yang terdiri dari 2 di lantai dasar dan 4 kamar di atas. Setiap unit akan dibangun di atas lahan 7×9 meter. Total unit yang dibangun sebanyak 30 unit Rukos di atas lahan seluas 2.000 meter per segi.

Dengan membeli Rukos, Anda bisa menjadi juragan kos 6 pintu dan Anda bisa mematok harga sewa di kisaran Rp 1,5 juta hingga 2,5 juta per unit kos-kosan. Dengan asumsi harga unit kos Rp 1,5 juta saja, maka dengan investasi Rp 1 miliar bisa kembali kurang dari 1 tahun.

5. Mastery by Crown Group, Australia

Bila keempat rekomendasi sebelumnya berada di dalam negeri, maka kali ini rekomendasi yang diberikan berada di Australia, tepatnya di Sydney. Mastery diklaim sebagai proyek mahakarya terbaru Crown Group sebab dirancang oleh tiga arsitek ternama, yakni Kengo Kuma, Koichi Takada, dan Silvester Fuller.

Proyek ini terdiri dari apartemen mewah dengan lima menara hunian yang masing-masing menara terdiri dari 5 hingga 21 lantai. Mastery terdiri dari 384 unit dengan menawarkan beberapa tipe, yakni 1 BR, 2 BR dan 3 BR hingga penthouse yang dipasarkan dengan harga Rp 13 miliar hingga Rp 48,3 miliar.

Berinvestasi properti di luar negeri patut Anda coba. Apalagi Mastery ini berada di Sydney, Australia yang dikenal memiliki universitas, tujuan wisata, sekaligus urusan bisnis. Dengan memiliki unit di Mastery, Anda bisa menyewakan kembali kepada orang-orang yang akan berkuliah di Sydney maupun untuk urusan bisnis.

Inilah kelima rekomendasi proyek properti yang Berempat.com berikan. Kira-kira, Anda tertarik berinvestasi properti yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.