Ini yang Perlu Dilakukan untuk Investasi Jangka Panjang

0
406

Berempat.com – Siapa yang tak ingin jika aset yang dimiliki saat ini dapat bertambah dalam sepuluh atau dua puluh ke depan. Itulah mengapa kita perlu untuk berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, maka kehidupan kita ke depan akan lebih terjamin. Perlu diingat bahwa dalam kehidupan ini kita perlu mempersiapkan diri untuk kehidupan di masa datang.

Dewasa ini boleh dibilang pilihan investasi beragam, bisa dalam bentuk tanah maupun properti, deposito, emas, reksa dana, maupun saham. Lalu, manakah pilihan investasi yang tepat? Apabila kita ingin berinvestasi untuk jangka panjang, maka pilihan yang tepat yaitu bermain saham. Pasalnya, saham memiliki potensi return yang tinggi dalam jangka panjang.

Saham cocok juga dipilih bagi Anda yang ingin mempersiapkan dana pendidikan bagi anak maupun untuk kebutuhan pensiun kelak. Kenapa sajam? Sebab walaupun terjadi penurunan dalam hal nilai investasi saham pada waktu berdekatan, namun dalam jangka 10 tahun ke atas pergerakan IHSG selalu positif dan mampu memberi hasil optimal.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tak buntung saat bermain saham. Hal pertama yang harus dilakukan ialah rajin mencermati berbagai hasil riset dan analisa pasar saham. Saat ini tergolong mudah untuk mengikuti pergerakan atau analisa pasar saham, bisa melalui aplikasi maupun media online terpercaya khusus membahas saham.

Kemudian yang perlu diingat, dalam berinvestasi jangka panjang Anda akan melewati fase-fase yang dapat mengurangi risiko. Misal, di tahap pengumpulan kekayaan, maka investor harus memilih instrumen yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi, tentunya dengan risiko yang tinggi pula.

Jangan lupa bahwa Anda harus rutin menyisihkan dana secara berkala untuk membeli saham agar tujuan investasi dapat tercapai.

Lantas, apabila sudah mendekati waktu pengambilan dana investasi, misalnya satu tahun lagi, maka Anda bisa berpindah ke instrumen yang relatif lebih moderat, seperti reksadana saham atau reksadana pendapatan tetap. Pemindahan itu dimaksudkan agar dana yang dimiliki tidak tergerus apabila kondisi pasar tiba-tiba bergolak.

Inilah hal yang bisa dilakukan bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Jangan ditunda lagi, segeralah Anda berinvestasi di saham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.