Apa yang Sebaiknya Kita Lakukan di Usia 20-50 Tahun? Jack Ma Menjawab

0
532
Jack Ma saat berbicara di seminar ‘Disrupting Development - How Digital Platform and Innovation are Changing the Future of Developing Nations’, di Nusa Dua, Bali.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berempat.com – Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce di Tiongkok dan dunia, Alibaba ini tentu memiliki pola pikir yang patut untuk dijadikan acuan. Pasalnya, banyak orang sukses di dunia yang memiliki pola pikir berbeda daripada orang kebanyakan. Jack Ma adalah salah satunya.

Saat diundang ke pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia 2018 lalu, salah satu pria terkaya di dunia ini menjabarkan langkah apa yang seharusnya dilakukan saat manusia menginjak usia 20-50 tahun.

“Usia 20-an adalah masa-masa untuk belajar, kemudian usia 30 dan 40 tahun adalah untuk mengambil risiko dan menjalani hidup sesuai tujuan. Adapun usia 50-an adalah untuk meneruskan apa yang Anda kuasai dan melatih generasi di bawahnya,” papar Ma.

Ma berkata demikian lantaran dulu dirinya tak kunjung mencapai kesuksesan karier hingga di usia 30-an. Sebab itu, menurut Ma, di rentang usia 20-30 tahun seharusnya manusia bisa belajar dari kesalahan orang lain, bukan hanya dari kisah suksesnya.

“Ketika berusia 20-30 tahun, Anda harus belajar dari atasan yang baik dan bergabung dengan perusahaan yang baik, untuk belajar seperti apa mengerjakan sesuatu dengan benar,” papar Ma.

Ia pun menegaskan, di usia tersebut perlu untuk kita membayangkan apa yang akan kita lakukan agar bisa sukses dalam 10 tahun ke depan.

Selain itu, penting bagi kita untuk menanggap berbagai masalah yang dihadapi sebagai suatu manfaat. Ma, yang kini sudah berusia 54 tahun bahkan menganggap bahwa masalah di masa lalunyalah yang bisa membawanya sampai di titik ini.

“Menginjak usia 30 sampai 40 tahun, jika ingin melakukan sesuatu sendiri, misal berwirausaha maka lakukanlah,” imbuh Ma.

Pada rentang usia 30-40 tahun, Ma juga menyarankan agar kita mulai mengatur stabilitas keuangan, keluarga, dan mempertimbangkan untuk menikah.

Kemudian saat sudah menginjak usia 40-50 tahun, janganlah terjun untuk mencoba hal baru. Ma lebih menyarankan agar kita fokus pada bidang yang kita kuasai. Lalu, saat usia sudah menginjak 50-60 tahun, Ma menyarankan agar kita meluangkan waktu untuk mengembangkan generasi muda.

“Ketika berusia lebih dari 60 tahun, Anda lebih baik tinggal bersama cucu Anda,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.