Mengenal Kegunaan 2 Produk Papan Fiber Kalsi Pengganti Kayu dan Gipsum

0
407
Ilustrasi. (Kalsi.co.id)

Berempat.com – Kemajuan teknologi sebenarnya tak hanya merambah sektor gawai maupun lifestyle yang membuat hidup kita jadi terasa begitu sederhana dan muda. Tapi Anda pun perlu menyadari bahwa kemajuan teknologi juga turut menyentuh sektor konstruksi.

Dua di antara bukti kemajuan teknologi tersebut di sektor konstruksi yaitu hadirnya semen instan (mortar) dan papan fiber. PT Etex Building Performance Indonesia adalah salah satu pelaku industri yang memanfaatkan teknologi terbaru itu dengan menghadirkan material bahan bangunan papan fiber semen dengan merek Kalsi dan Equitone.

Untuk merek Kalsi saja, terdapat dua produk yang bisa digunakan untuk mengantikan material kayu, triplek, maupun gipsum, yakni Kalsi Bekisting dan Kalsi Joint Compound. Dua produk Kalsi ini diketahui mengusung teknologi dari Etex Company Belgia yang tentu saja menawarkan berbagai kelebihan.

  1. Kalsi Bekisting

Kalsi Bekisting berfungsi sebagai pengganti papan kayu maupun multiplek untuk aplikasi bekisting atau cetakan beton. Produk ini diklaim lebih tahan air, rayap, bahkan api. Lebih lagi, Kalsi Bekisting dapat digunakan 3-4 kali untuk cetakan beton.

Kendati diklaim kuat, tapi Kalsi Bekisting ini bisa dipaku, disekrup, maupun dipotong. Sejauh ini, Kalsi Bekisting tersedia dalam dua ukuran, yakni 122×244 cm dan 120×240 cm dengan ketebalan 6-10 mm.

2. Kalsi Joint Compound

Untuk Kalsi Joint Compound, produk ini berfungsi sebagai penutup sambungan plafon maupun partisi. Kalsi Joint Compund diklaim lebih kuat sehingga dapat meminimalisir munculnya retak rambut yang umumnya muncul akibat penggunaan kompon berbasis gipsum yang kurang tepat.

Pembuatan Kalsi Joint Compound ini diketahui menggunakan teknologi ACF+ (anti crack formula plus) sehingga produknya tiga kali lebih kuat dibanding kompon sambungan biasa. Keunggulan lainnya ialah hasil yang lebih mudah digunakan, diamplas, dan dicat. Bahkan, sisa adukannya diklaim bisa digunakan kembali.

Dengan dua produk berteknologi terkemuka ini, tentu saja membuat proses membangun maupun merenovasi rumah jadi lebih mudah, ‘kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here