Kiat-Kiat Sukses Usaha Jasa Instalasi Jaringan

0
136
Service excelence (dok withme.id)

Menjalankan usaha jasa instalasi jaringan mempunyai prospek yang bagus dan akan terus dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha jasa instalasi jaringan berikut tips-tips dan cara menjalankan usaha yang berguna untuk melancarkan usaha Anda.

Tips Memulai Usaha

  • Memahami perangkat

Jasa instalasi jaringan berkaitan dengan memasang perangkat-perangkat jaringan seperti kabel, router dan lainnya. Untuk itu sebelum menjalankan usaha sebaiknya kita memahami betul masing-masing perangkat dan kegunaannya sehingga dalam pelaksanaannya akan lebih mudah dan benar pemasangannya.

  • Niat yang kuat

Dalam menjalankan sebuah usaha kita dituntut mempunyai niat yang kuat, karena dengan niat inilah kita akan terbentuk keyakinan supaya usaha yang kita jalankan akan terus berjalan walaupun banyak halangan yang akan kita temui setiap waktu.

  • Belajar dan Praktek langsung

Apabila kita sudah punya niat kuat, selanjutnya kita persiapkan skill kita dengan cara belajar langsung dan mempraktikannya. Hal ini akan lebih cepat bisa daripada hanya menguasai dalam hal materi saja tanpa mempraktikannya.

  1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran usaha jasa instalasi jaringan bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Menggunakan pemasaran media online

Tak bisa dipungkiri lagi saat ini pemasaran menggunakan media online cukup efektif, banyak sekali fasilitas media online yang bisa kita gunakan untuk menyebarkan usaha jasa kita seperti Facebook, tweeter, google, instragram dan lainnya.

  • Memaksimalkan media mulut ke mulut

Pemasaran media mulut ke mulut memang cukup bagus karena klien akan tahu secara langsung jasa yang kita tawarkan dari orang yang mungkin telah menggunakan jasa kita. Tentunya dengan demikian jasa kita sudah dapat dipercaya tentang kualitasnya.

  • Menawarkan proposal

Banyaknya perkantoran baru yang sedang dibangun tentunya akan membutuhkan jasa yang kita miliki, jangan sia-siakan kesempatan itu. Buatlah proposal yang bagus dan tawarkan kepada pemilik gedung untuk menggunakan jasa kita.

  • Berikan garansi

Memberikan garansi pekerjaan juga merupakan strategi pemasaran yang jitu, adanya garansi pekerjaan akan membuka mainset klien kita sehingga semakin bertambah rasa kepercayaannya.

  1. Tips Sukses Menjalankan Usaha
  • Legalitas Usaha

Legalitas ysaha sangat penting apabila kita mempunyai usaha. Dengan legalitas yang kita punya baik berbadan hokum CV maupun PT maka itu merupakan modal yang besar yang bisa membangun kepercayaan klien dalam menggunakan jasa kita.

  • Mengutamakan kualitas instalasi jaringan

Kualitas menjadi hal penting dalam menjalankan usaha ini, apabila kualitas yang telah kita kerjakan baik maka klien akan terus menggunakan jasa kita bahkan bisa merekomendasikan kepada klien lain.

  • Harga terjangkau

Banyaknya persaingan membuat masyarakat teliti dan jeli dalam menggunakan jasa instalasi jaringan, untuk itu berikan harga yang sedikiti lebih terjangkau atau bisa juga dengan memberikan potongan harga langsung jika klien banyak menggunakan jasa kita.

  • Professional

Seperti halnya usaha lain dalam usaha pemasangan instalasi jaringan juga dibutuhkan profesionalitas. Untuk itu lakukanlah sebaik mungkin profesionalitas kita dalam menangani pekerjaan baik dari sisi kejujuran hingga sisi pembayaran yang transparan.

  • SDM yang berpengalaman

Mengerjakan instalasi jaringan memang sangat sulit untuk dikerjakan sendirian, untuk itu kita memerlukan tim untuk membantu pekerjaan. Dalam memilih tim maka sebaiknya kita mencari yang sudah pengalaman sehingga pekerjaan yang kita kerjakan akan lebih mudah.

  1. Kendala dan solusi

Memahami kendala dan mencari solusi merupakan cara cerdas terhadap setiap usaha, termasuk usaha jasa instalasi. Berikut beberapa kendala dalam menjalankan usaha ini:

Terkadang lokasi pemasangan instalasi jaringan seperi pemasangan kabel dan lainnya berada di tempat yang ramai atau di lokasi yang susah dijangkau.

Solusi: jika tempat pengerjaanya ramai maka pengerjaan bisa dilakukan diwaktu senggang seperti waktu istirahat atau diwaktu libur, bisa juga proses pengerjaan dilakukan pada malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.