Trik Mengembangkan Usaha PAUD

0
84
PAUD (dok kb-amalia.blogspot.com)

 

Usaha lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini memang sedang booming dan sangat menjanjikan karena hampir semua orang membutuhkan. Namun demikian karena banyak kompetitor di bidang usaha ini, maka pengelolaan yang benar dengan dukungan dan strategi marketing yang terintegrasi adalah kunci suksesnya. Ada beberapa hal yang perlu bapak jalankan, diantaranya

Membuat kurikulum yang menarik. Karena yang menjadi target Anda adalah anak usia dibawah lima tahun, maka kurikulum memegang peranan yang sangat penting. Orangtua murid pasti akan bertanya tentang apa saja yang akan didapat oleh anaknya di sekolah. Jadi kurikulum yang Anda tawarkan harus menarik dan bisa meyakinkan orangtua murid. Ceritakanlah bahwa kurikulum yang Anda gunakan telah terbukti mampu membuat anak dapat belajar secara lebih cepat dan tidak membosankan bagi anak.

Anda harus mengkomunikasikan dengan Jelas apa yang Anda inginkan. Front-liner yang bertugas untuk menjelaskan program di sekolah Anda harus benar-benar memiliki product knowledge yang sangat baik dan mempunyai cara menjelaskan yang mudah dipahami oleh orang yang meminta informasi. Saat bertemu dengan front-liner inilah, orangtua murid biasanya akan memutuskan untuk bergabung atau tidak.

Buat suasan tempat belajar menjadi lebih Rapi, Bersih, Menarik dan Aman. Pastikan semua ruangan yang Anda miliki dalam keadaan rapi, bersih, dan menarik. Calon orangtua murid biasanya akan melihat semua fasilitas dan ruangan sebelum memutuskan untuk menyekolahkan anaknya. Tatalah semua ruangan dengan nuansa yang benar-benar disukai anak. Pastikan juga bahwa semua peralatan belajar dalam keadaan baik dan layak digunakan. Untuk menciptakan rasa aman kepada orangtua murid, Anda dapat membuat sistem satu pintu untuk akses keluar dan masuk.

Sediakan kelas khusus trial. Berikan kesempatan kepada semua orangtua murid untuk bisa mengikuti kelas percobaan bersama anaknya sebelum mereka memutuskan untuk bergabung. Di sinilah kesempatan Anda untuk merebut hati orangtua murid. Buatlah anak mereka merasa nyaman dan senang. Untuk itu, Anda harus menyiapkan materi trial yang menarik dan pengajar yang berpengalaman.

Buat sistem marketing yang terintegrasi. Agar semakin banyak orang yang mengenal sekolah Anda, maka proses komunikasi secara Above The Line/ ATL dan Below The Line/ BTL tetap harus dilakukan secara teratur ke target market. Anda harus memilih koran / majalah / media yang tepat sasaran agar dapat menghemat biaya marketing. Pilihlah media yang pas dan waktu beriklan yang tepat. Satu hal penting, ketika Anda sedang beriklan di media apapun, pastikan semua karyawan tahu isi/content iklan dan mengerti maksudnya – agar mereka semua bisa menjawab dan menjelaskan ketika ada yang bertanya.

Berikan service excellence

kepada para siswa dan orang tua mereka. Senantiasa berikan pelayanan terbaik kepada semua orang yang datang ke sekolah Anda. Dengan memberikan pelayanan yang berkesan maka orang akan punya pikiran positif dan pada akhirnya mempercayakan pendidikan anak-anaknya di sekolah Anda.

Mengkomunikasikan secara teratur tentang kondisi anak di sekolah dan memberikan masukan kepada orangtua murid agar anaknya dapat lebih berkembang adalah cara terbaik untuk membina hubungan yang lebih dalam. Ingat! Jika mereka puas dengan pelayanan Anda maka mereka akan menjadi marketer yang baik dan ini juga berarti sekolah Anda akan semakin dikenal. Dengan demikian mencari murid bukan lagi hal yang sulit dan usaha Anda akan terus berjalan dan menjadi berkat bagi semua orang.

 

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

oleh: Cahyo Adinugroho

Pengamat Marketing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.