Membuat Pelanggan Resto Tetap Loyal

0
44
Usaha bebek (dok kaleyo.com)

 

Pasang surut dalam menjalankan usaha adalah hal biasa. Hampir kebanyakan pelaku usaha mengalami hal tersebut, karena memang persaingan usaha adalah salah satu bumbu atau ujian yang harus Anda rasakan. Dan bila Anda dapat melewatinya maka bisa dipastikan usaha Anda akan terus berkembang, sehingga Anda dapat menduplikasikan usaha Anda dalam bentuk waralaba kepada masyarakat.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda tidak usaha menghadapinya dengan panik sehingga mengambil langkah yang keliru, karena hal tersebut bisa saja membuat usaha Anda menjadi lebih terpuruk dari apa yang Anda alami saat ini. Bila Anda telah mengetahui penyebab berkurangnya pelanggan Anda, yaitu disebabkan oleh Anda pelaku usaha lain di sekitar tempat Anda membuka usaha, maka langkah-langkah berikut bisa Anda lakukan.

Yang pertama adalah membuat suatu pembeda pada usaha yang Anda jalankan saat ini. Artinya usaha Anda harus memiliki keunikan tersendiri dibandingkan usaha sejenis atau pesaing Anda, dalam hal ini tentu saja pelaku usaha nasi bebek. Namun unik saja belum cukup, Anda juga harus punya keunggulan dan kelebihan dibandingkan pesaing Anda yang membuat produk atau pelayanan yang Anda berikan berada satu langkah di depan para pesaing.

Dengan begitu pelanggan akan mudah membedakan produk nasi bebek yang Anda tawarkan dengan nasi bebek pesaing Anda, sebab jika tidak jangan harap konsumen Anda akan lolay pada Anda. Perbedaan disini bisa Anda lakukan pada beberapa unsur seperti halnya pada rasa karena memang usaha kuliner yang menjadi patokannya adalah rasa, serta pada pelayanan dan juga hal lainnya.

Anda juga bisa melakukan langkah lain yaitu dengan memberikan penawaran menarik kepada pelanggan, misalnya dengan memberikan discount, membuat menu paket, Atau mungkin voucher makan gratis apabila konsumen kerap makan di tempat Anda. Berikan 3 hal ini secara bergantian kepada pelanggan Anda. Langkah ini bisa dikatakan efektif karena kultur masyarakat Indonesia, Sangat senang dengan berbagai penawaran menarik yang menguntungkan mereka.

Dan yang juga tidak boleh dilupakan adalah pelayanan yang Anda berikan. Karena memang pelayanan yang baik dan juga pelayan yang murah senyum serta ramah merupakan salah satu daya tarik yang bisa Anda lakukan. Anggap konsumen yang kerap datang ke tempat Anda adalah keluarga, karena dengan sikap itulah akan membuat konsumen menjadi nyaman untuk datang menikmati hidangan nasi bebek yang Anda tawarkan.

Yang terakhir yang juga tidak boleh Anda lupakan ialah menjaga selalu kebersihan tempat usaha Anda, karena juga akan berpengaruh terhadap penilaian pelanggan terhadap makanan yang disajikan. Ada beberapa pelanggan usaha kuliner yang menilai dari kebersihan tempat usaha, bila mereka melihat tempat makan kotor ataupun tidak bersih maka akan berpengaruh kepada selera makan dan mereka tidak akan kembali lagi.

Nah, mudah-mudahkan dengan menerapkan beberapa langkah yang saya sampaikan ini pelanggan Anda yang tadinya berpindah ke tempat lain bisa kembali kepada Anda serta membuat mereka menjadi loyal dengan produk atau menu yang Anda tawarkan. Selamat mencoba, Sukses untuk Anda. Terima kasih

 

oleh: Bambang Wahyu Purnomo,

Pengamat Bisnis Waralaba

Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.