Mobil Listrik Dikembangkan, Industri Penunjang Dalam Negeri Bergeliat

0
167
Mobil listik (dok electricmotorshow.id)

Mobil listrik nasional sepertinya akan menjadi nyata dalam waktu dekat. Hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Mobil Listrik pada Senin (12/8) pagi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan demikian, Jokowi berharap, industri otomotif mau segera merancang dan membangun industri mobil listrik di Indonesia.

Menurut Jokowi, 60% mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya dan bahan untuk membuat baterai, kobalt, mangan dan lain-lainya itu ada di negara ini.

“Sehingga strategis bisnis negara ini bisa kita rancang agar nanti kita bisa mendahului membangun industri mobil listrik yang murah, yang kompetitif karena bahan-bahan ada di sini,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai meresmikan Gedung Baru Sekretariat ASEAN, di Jl. Sisingamaraja, Jakarta, Kamis (8/8) pagi.

Jokowi bilang membangun sebuah industri seperti ini (mobil listrik, red) tidak mungkin setahun, dua tahun, tiga tahun. Ia menambahkan bahwa pasti akan dan juga harus melihat pasar, melihat pembeli, karena mobil listrik sekarang ini hampir 40 persen harganya lebih mahal dari mobil yang biasa.

Namun Presiden berharap, dengan ditemukannya bahan-bahan baterai yang ada di Indonesia, mungkin harganya bisa ditekan lebih murah, syukur bisa sama. “Nah, itu baru mobil listrik akan berseliweran di seluruh kota di Indonesia,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.