Prospek dan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Service Tas

0
91
Reparasi tas (dok terlalurisky.files.wordpress.com)

 

Menjahit merupakan salah satu keahlian yang sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Karena banyak sekali usaha terutama di bidang fesyen yang membutuhkan keahlian tersebut. Namun bagi Anda yang lebih memilih menjalankan usaha, dengan keahlian menjahit ini Anda bisa mencoba beberapa bidang usaha seperti usaha penjahitan baju atau barang-barang fesyen lainnya, atau juga Anda bisa menjalankan berbagai usaha service atau perbaikan barang fesyen seperti celana, sepatu dan juga tas.

Dari ketiga barang fesyen tersebut, tas merupakan barang fesyen yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Bila dilihat dari trennya, saat ini tas  merupakan barang fesyen yang banyak diminati pasar. Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya variasi tas mulai dari bentuk dan juga bahan yang beredar di pasaran.

Dengan harga tas baru yang sangat tinggi, maka banyak dari para pencinta tas yang lebih memilih mereparasi/service tas mereka. Dan hal tersebut merupakan peluang tersendiri bagi para pelaku service tas ini. Untuk merintis usaha service tas bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar, sekitar Rp 5 juta. Dengan modal tersebut, bisa digunakan untuk membeli berbagai keperluan usaha seperti yang mesin jahit dan berbagai bahan baku jahit lainnya seperti benang, resleting dan lain-lain.

Sevice Tas. Biasanya, tas-tas yang diservis/diperbaiki adalah tas bermerek yang dijual dengan harga mahal atau tas yang sudah tidak ada lagi di pasaran. Beberapa merek tas tersebut antara lain seperti Prada, Luis Vuitton, Gucci, Fendi, pollo hingga Cristian Dior.

Dilihat dari kerusakannya, sebenarnya kerusakan tas yang diservis tidak terlalu sulit untuk diperbaiki seperti misalnya kerusakan pada resleting, ataupun bagian kulit tas yang sobek, cantolan tali rusak dan lain sebagainya. Yang disebabkan oleh beberapa hal seperti menahan beban yang terlalu berat ataupun terburu-buru dalam membuka resleting.

Harga untuk reparasi tas ini sangat bervariasi tergantung tingkat kerusakan dan juga bahan baku penggantinya. Seperti halnya servis kepala resleting seharga Rp 35 ribu – Rp 45 ribu, service rel reseleting seharga Rp 50 ribu – Rp 125 ribu, service ganti tali gandengan Rp 50 ribu – Rp 150 ribu dan sebagainya.

Bahan Baku dan Peralatan

Seperti telah diketahui, bahwa untuk menjalankan usaha ini memerlukan keahlian dalam menjahit bukan hanya bahan tipis namun juga bahan-bahan yang tebal seperti kulit dan lain sebagainya. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk usaha reparasi ini antara lain adalah benang nylon, zipper/resleting aneka warna serta ukuran, Velcro, lem, busa dan juga bahan kulit bila dibutuhkan. Sedangkan peralatan yang diperlukan adalah mesin jahit, seset, gunting, pisau tajam, palu, obeng, dispenser lem dan lain-lain.

Bahan-bahan tersebut dapat dibeli di beberapa toko yang memang khusus menjual perlengkapan accesoris tas. Seperti contohnya Toko Asia Garment, Lantai G Los F  No. 97–98, Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat. Toko Setia Jaya, Lantai Basement ALB 1 AKS No 111-112 Pasar Jatinegera, Jakarta Timur.

Harga bahan baku yang digunakan pun tidaklah mahal jika kita membeli di pusat grosir. Untuk bahan resleting tas Rp  25 ribu/lusin, Daun resleting ukuran no. 5 Rp 27 ribu /Kg, daun resleting ukuran no. 3 Rp 21 ribu/Kg, Resleting meteran Rp 20 ribu /meter dan sebagainya

Proses service

Dalam melakukan service tas ini tidaklah sulit hanya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam menjahit dengan rapi serta menyusun kembali seperti susunan model tas yang akan direparasi. Seperti contohnya mereparasi resleting tas yang rusak, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah menganti daun resleting dengan cara membuka reselting yang rusak secara perlahan-lahan kemudian ambil reselting baru. Lalu jahit reseleting baru pada jalur reselting yang lama dan tas pun siap digunakan kembali.

Mereparasi tas berbeda dengan reparasi aksesori fesyen lainnya, karena diperlukan pengetahuan tentang tas itu sendiri. Dan juga garena kulit tas bisa dibilang sangat tebal sehingga tidak semua jarum jahit bisa menembusnya maka di perlukan jarum yang besar.

Prospek dan Pemasaran

Usaha jasa reparasi tas memiliki prospek yang bagus ke depan, karena selain pangsa pasarnya yang luas, kuntungan bersih yang didapat pun lumayan besar yaitu sekitar 40% omset yang didapat.

Terutama bila membuka usaha ini di tempat yang banyak dilewati oleh kaum wanita terutama ataupun di pusat perbelanjaan serta di kampus-kampus. Namun yang perlu dicatat, untuk menjalankan usaha ini diperlukan lokasi yang tidak perlu luas namun memberikan ruang tunggu untuk para konsumen dan ruang tunggu tersebut nyaman digunakan.

Memasarkan usaha jasa reparasi tas ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan menyebarkan brosur dan juga kartu nama di dekat toko, ataupun bisa menggunakan media internet dengan menyebarkan informasinya di jejaring sosial.

Kendala

Masalah klasik yang sering muncul pada usaha ini adalah bahan baku dari bagian tas yang sulit didapat di pasaran dan juga tenaga kerja yang memiliki keahlian menjahit dengan baik. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan bahan baku alternatif yang memiliki kualitas yang sama dengan bahan baku aslinya.

 

Oleh: E Darmadi,

Pemilik SSB Service Tas

Mall Kalibata, Basemet (deket parkir Mobil) Jakarta Selatan

Web: http://ssbkalibata.blogspot.com/

Twitter: @ssbkalibata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.