ASUS Luncurkan Laptop Canggih dengan Dua Layar Pertama di Dunia

0
260
ASUS ZenBook Pro 15 UX580 dengan dua layar. (Dok. ASUS)

Berempat.com – ASUS baru saja meluncurkan laptop canggih dengan dua layar pertama di dunia. Laptop tersebut yaitu ZenBook Pro 15 UX580—laptop dengan seri tertinggi dari lini Zenbook saat ini. ASUS pun mengklaim jika laptop ini masuk kategori laptop premium dengan spesifikasi tinggi. Target konsumen laptop ini yaitu para profesional yang bergerak di industri kreatif seperti desainer 3D, video editor, maupun fotografer.

Dua layar yang disematkan pada laptop ini yaitu layar utama dan layar yang terdapat pada touchpad, atau disebut sebagai ScreenPad. ScreenPad merupakan inovasi terbaru ASUS untuk meningkatkan pengalaman serta produktivitas penggunanya. Kehadiran ScreenPad di ZenBook Pro UX580 ini dinilai mampu mengoptimalkan para profesional dalam bekerja.

“Selama 26 tahun terakhir, teknologi touchpad pada laptop tidak banyak berubah. Produsen hanya membuatnya lebih lega, lebih responsif dan mendukung multitouch dan gesture.  Dengan ZenBook Pro 15 UX580, ASUS menghadirkan inoviasi lebih pada touchpad, dan bisa dikatakan ini adalah laptop idaman para profesional,” ucap Country Manager ASUS Indonesia Jimmy Lin dalam keterangan resminya, Kamis (15/11).

Dari segi tampilan, ASUS ZenBook Pro UX580 masih mengusung tema elegan seperti seri ZenBook lainnya. Tampil dengan bodi berbahan metal yang solid dibalut warna Deep Dive Blue. Bentuknya juga sangat ringkas dengan ketebalan yang hanya 18,9 mm dan bobot hanya 1,88 kg.

Keunggulan laptop ini dimulai dari layar dengan resolusi ultra tinggi yakni 4K dengan ukuran bentang 15,6 inci. Dengan teknologi NanoEdge, bezel layar di laptop ini bisa tampil dengan bezel hanya 7,3 mm dan screen-to-body ratio sebesar 83%.

Uniknya, ASUS mengklaim bahwa laptop ini sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL STD-810G. Sertifikasi tersebut dimaksudkan sebagai bukti bahwa ZenBook Pro 15 UX580 ini telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti tes ketinggian (altitude test) dan tes suhu (temperature test).

Dari sisi multimedia, ASUS juga sudah melengkapi seri laptop terbarunya ini dengan speaker khusus yang sudah mengantongi sertifikasi dari Harman Kardon. Speaker di laptop ini pun dikonfigurasi oleh ASUS Golden Ear Team yang melengkapinya dengan teknologi ASUS SonicMaster.

Dan dari sisi ScreenPad, fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa mengubah tampilan touchpad dengan menambahkan wallpaper. Dan agar dapat mendukung fungsionalitas ScreenPad, ASUS sudah menyiapkan beragam aplikasi khusus yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi produktivitas, salah satunya adalah Microsoft Office. Melalui fitur Adaptive Design, ScreenPad secara otomatis akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan dan menampilkan antarmuka tambahan.

Selain itu, ScreenPad juga bisa digunakan sebagai layar kedua. Lewat mode Screen Extender, pengguna bisa membuat ScreenPad layaknya layar tambahan untuk ZenBook Pro 15 UX580 ini. Dengan demikian, semua aplikasi yang ada di desktop bisa ditampilkan di ScreenPad layaknya ditampilkan di monitor terpisah.

Dari sisi dapur pacu, laptop ini didukung oleh prosesor dan chip grafis yang mumpuni. Laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H dan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Kemudian, laptop ini pun sudah dilengkapi dengan RAM DDR4 sebesar 16GB dan penyimpanan internal menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 1TB.

Lalu melihat daya, ASUS membenamkan baterai Lithium Ion 8-cell yang bisa memasok daya hingga 9,5 jam. Bahkan, laptop ini sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging yang bisa mengisi 60% daya hanya dalam 49 menit. Tersedia dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi serta Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan berbagai peripheral seperti mouse dan headset. ASUS juga menyediakan USB to LAN port dongle agar bisa terhubung ke jaringan melalui kabel.

Melengkapi konektivitasnya, ZenBook Pro 15 UX580 sudah memiliki 2 port USB 3.1 Type-A dan 2 port USB Type-C berteknologi Thunderbolt 3. Kehadiran teknologi Thunderbolt 3 memungkinkan laptop dihubungkan ke berbagai perangkat kelas profesional seperti docking kartu grafis eksternal atau monitor beresolusi tinggi. Selain itu terdapat pula port HDMI, combo audio jack, serta MicroSD card slot.

“ZenBook Pro UX580 bukan laptop biasa. Semua aspeknya dihadirkan dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan profesional. Semua itu demi memastikan pengguna profesional bisa bekerja secara nyaman kapan pun dan dimanapun ketika menggunakan laptop ini,” ujar Jimmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here