Mitra Bisnis, Cara Owner TX Travel Bangun Komunitas yang ‘Beda’

0
1525

Berempat.com – Dunia waralaba, khususnya yang bergerak di bidang travel dan ticketing tentu sudah tak asing dengan nama Anton Teddy. Belum genap satu bulan rupanya pemilik TX Travel ini sudah membangun sebuah komunitas bisnis yang ‘beda’. Komunitas tersebut bernama Mitra Bisnis.

Sabtu (6/10) kemarin, Mitra Bisnis mengadakan seminar bisnis dengan tema ‘Mentor adalah Pebisnis Aktif, Bukan Motivator atau Trainer’. Lewat seminar tersebut Anton ingin menegaskan alasan yang mendorongnya membangun sebuah komunitas bisnis, yakni sebagai wadah pelaku bisnis untuk bisa berbagi dan mendapatkan mentoring. Tentunya mentor yang ada pun haruslah pebisnis aktif, bukan sekedar motivator.

“Saya ingin punya komunitas khusus pebisnis supaya orang-orang bisnis bisa sharing, networking, mentoring, dan ada mentornya. Ibarat sekolah ada gurunya,” ungkap Anton.

Sesuatu yang beda juga diusung Anton pada komunitas barunya ini, yaitu memanfaatkan teknologi untuk mencapai visi-misi komunitas Mitra Bisnis. Menurut Anton, Mitra Bisnis akan memiliki aplikasi mobile yang dapat diunduh oleh setiap anggotanya.

“Semua anggota harus bayar, ada biayanya karena semua akan diberikan mobile apps,” terangnya.

Pada aplikasi mobile tersebut, anggota Mitra Bisnis akan mendapatkan berbagai materi sharing, mentoring, sebagai tempat konsultasi, bahkan sebagai tempat untuk memperkenalkan produk masing-masing anggota. Lewat aplikasi mobile tersebut, Anton ingin agar pebisnis bisa mendapatkan solusi dari setiap permasalahan bisnis yang dihadapi.

Kendati berbayar, namun Anton meyakini bahwa keberadaan aplikasi ini akan memberikan nilai lebih bagi para anggota Mitra Bisnis dibanding hanya memanfaatkan grup Whats App atau sejenisnya.

Aplikasi mobile Mitra Bisnis ini dibanderol antara Rp 5 juta dan Rp 20 juta. Perbedaan kedua harga tersebut terletak pada keuntungan yang akan didapat. Untuk Rp 5 juta misalnya, anggota hanya mendapat aplikasi dan katalog, sedangkan yang Rp 20 juta anggota akan mendapat tambahan fasilitas berupa memasarkan produk atau jasanya melalui aplikasi tersebut.

Para anggota cukup melakukan pembayaran aplikasi satu kali sebab hal itu sudah meliputi mentoring, sharing, dan sebagainya. Selain menyediakan aplikasi, Anton berencana membuat komunitas bisnisnya ini memiliki fungsi layakya koperasi. Dengan demikian, komunitas ini bisa memberikan solusi bagi para anggotanya yang membutuhkan modal bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.