Kemendag Imbau Pengusaha UKM Ikut Trade Expo Indonesia, Apa Untungnya?

0
309

Berempat.com – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun ini bakal kembali menggelar Trade Expo Indonesia. Menurut jadwal, pameran bisnis tersebut akan berlangsung pada 24-28 Oktober 2018 di ICE BSD, Tangerang.

Sebab itu, dalam menyambut acara tersebut Kemendag mengimbau kepada para pengusaha UKM agar ikut serta. Menurut Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda, kegiatan ini merupakan salah satu strategi Kemendag dalam menggenjot ekspor Indonesia. Dengan demikian, pengusaha UKM pun dapat memanfaatkan momen ini sebagai ajang perluasan pasar.

“Trade Expo dilakukan supaya produk yang ditawarkan pemasarannya jauh lebih luas, lebih jauh lagi di mancanegara,” ujarnya di hadapan pengusaha UKM di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (19/9).

Sebagai gambaran, pada perhelatan tahun lalu Trade Expo Indonesia mampu mencatatkan total transaksi sebesar US$ 1,4 miliar. Dari jumlah tersebut, industri batu bara menjadi penyumbang terbesar dengan total transaksi mencapai US$ 580 juta.

“Transkasi terbesar pada saat itu ada lima negara utama, yaitu ada Laos yang membeli batu bara dengan total transaksi mencapai US$ 580 juta,” terang Arlinda yang juga menyebut India, Mesir, Arab Saudi, dan Italia menjadi negara berikutnya yang melakukan transaksi besar. Sementara untuk jumlah pengunjung yang paling banyak berasal dari Jepang dengan 266 orang.

Arlinda menyebut, tahun lalu produk yang paling banyak diminati ialah batu bara, minyak sawit, minyak esensial, kopi, hingga berbagai produk makanan dan minuman.

Melihat kesuksesan tahun lalu, Kemendag pun menargetkan tahun ini nilai transaksi yang berlangsung di Trade Expo Indonesia 2018 mampu menembus US$ 1,5 miliar.

“Diharapkan tahun ini melebihi transaksi di tahun lalu. Karena tahun lalu kita menargetkan US$ 1,1 miliar dan kita melampaui target,” ungkapnya.

Pada perhelatan tahun ini, terdapat dua sponsor utama yang mendukung acara tersebut, yakni Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Indonesia Eximbank.

“BPDPKS ini sponsor utama Rp 1 miliar, kemudian dari Indonesia exim bank Rp 600 juta,” paparnya lebih jauh.

Dan karena sponsor utama berasal dari pengelola kelapa sawit, maka Trade Expo Indonesia 2018 tahun ini berencana menonjolkan produk sawit. Selain itu, produk batu bara, perikanan, serta manufaktur turun ditonjolkan dan menjadi unggulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.