Sebanyak 9.000 Lowongan Kerja Terbuka di Job Fair BLK Bekasi

0
333

Berempat.com – Para pencari kerja yang tinggal di wilayah Bekasi, Jawa Barat, dan sekitarnya sepertinya perlu untuk datang ke job fair di Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Bekasi pada 19-20 September 2018. Pasalnya, di job fair tersebut terdapat 9.000 lowongan pekerjaan yang dibuka dari 84 perusahaan.

“Pelaksanaan job fair ini merupakan upaya mempertemukan pemberi kerja dan pencaker (pencari kerja) secara langsung. Upaya ini diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Indonesia,” ucap Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat membuka job fair di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/9).

Job fair  ini merupakan bentuk kerja sama antara Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) dan Direktorat Jenderal  Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan.

Job fair di BLK Bekasi dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Peserta yang mengikuti job fair ini sama sekali tak akan dipungut biaya.

Adapun perusahaan yang tergabung di dalamnya berasal dari berbagai industri, seperti start up, telekomunikasi dan teknologi informasi, perbankan, manufaktur, retail, agro industri, otomotif, dan jasa.

Hanif sendiri berharap bahwa dengan diselenggarakannya job fair ini dapat menekan angka pengangguran di Indonesia. Menurutnya, tingkat pengangguran di Indonesia telah turun dari 7,01 juta orang (6,33%) pada Februari 2017 menjadi 6,87 Juta orang (5,13%) pada Februari 2018.

“Oleh karenanya, kita terus mendorong semua pihak agar bisa menyelenggarakan pameran kerja di berbagai daerah bukan hanya di pusat,” imbuh Hanif.

Hanif pun berpendapat, dengan turunnya angka pengangguran maka lapangan pekerjaan yang ada saat ini sudah lebih besar.

“Kegiatan job fair semacam ini adalah kegiatan yang sangat bagus untuk penyerapan angkatan kerja. Selain itu, ke depannya kita juga akan mengarahkan angkatan kerja untuk berani menjadi wirausaha membuka lapangan kerja baru,” tutup Hanif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.