Spa Panggilan untuk Bayi dan Manula Paling Diminati

0
368
Spa panggilan (dok kenseimassage.com)

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti tidak dapat bekerja dan menghasilkan uang. Melihat repotnya dalam mengurus anak memang membuat kebanyakan ibu rumah tangga memilih untuk berdiam diri di rumah. Tetapi tidak untuk ibu yang satu ini, di sela-sela kesibukannya dalam mengurus anak Verawati masih bisa mendapatkan penghasilan dari usaha Spa dan perawatan kecantikan.

“Dulu saya  bekerja sebagai seorang guru, karena suami ingin saya fokus dan maksimal merawat anak, akhirnya saya tidak boleh kerja lagi sama suami. Nah, sebagai orang yang produktif saya pun jenuh dirumah, akhirnya saya berfikir untuk membuka usaha sendiri tanpa harus meninggalkan tanggung jawab saya sebagai seorang ibu,” cerita Vera.

Tidak ingin terkesan samar, Vera pun membangun usaha spa ini dengan mengusung tema Spa Muslimah.

“Saya pilih tema ini agar terhindar dari persepsi negatif tentang nama spa itu sendiri, di samping itu saya juga menjawab keinginan dari para wanita muslimah yang ingin memanjakan diri namun bukan di salon umum,” ucapnya.

Awal mendirikan usaha pada akhir tahun 2011, ibu tiga anak ini memulai dari  spa panggilan (mobile spa) terlebih dahulu. Hal ini ia lakukan karena tidak ingin menanggung risiko yang cukup besar.

Untuk memulai bisnis mobile spa Vera hanya mengeluarkan modal sekitar Rp 5 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk biaya kursus spa sebesar Rp 3,5 juta dan Rp 1,5 untuk membeli perlengkapan seperti kemben, minyak, bascom, waslap, minyak, rempah-rempah untuk treatment dll.

Melihat potensi penghasilan yang cukup besar dari usaha spa, di tahun berikutnya Vera pun menambahkan investasi modal sebesar Rp 50 juta yang digunakan untuk sewa tempat, renovasi tempat serta membeli peralatan tambahan seperti sauna steam, alat creambath, single bed, meja kursi, bantal, cermin, tirai, dll. Vera memilih lokasi tidak jauh dari kediamannya. Alasannya selain dapat dengan mudah mengontrol usaha, lokasi yang berada di dalam perumahan sangat setrategis untuk menjalankan usaha ini.

Treatment Moslema Spa.

Perawatan yang ditawarkan Latifa Moslema & Baby Spa ini tidak hanya terbatas pada wanita dewasa saja, melainkan ada pula perawatan spa khusus untuk bayi, remaja, manula bahkan hingga ibu hamil dan yang sedang menjalani masa nifas. Berbagai treatment perawatan tubuh coba ditawarkan Latifa Moslema and Baby Salon Spa mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sedangkan perawatan spa bayi bisa dinikmati oleh bayi berusia 0-11 bulan.

“Perawatan yang kami tawarkan sangat beragam mulai dari paket perawatan wajah, rambut, pijat, spa hingga perawatan tubuh. Sedangkan treatment untuk bayi juga cukup lengkap mulai dari baby gym, baby swimming dan baby massage,” ujarnya.

Walaupun perawatan yang diberikan sangat lengkap dan berkualitas namun Latifa Moslema and Baby Salon Spa tidak memberikan harga mahal untuk jasa yang ditawarkan. Misalnya untuk paket perawatan pijat tradisional plus lulur ditawarkan Vera dengan harga Rp 175 ribu. Kemudian paket mandi susu ditawarkan dengan harga Rp 175 ribu. Paket mandi susu ini pelanggan akan mendapatkan 4 tahap treatment yakni body massage 1 jam, body steam, milky whitening body mask dan milk bath.

Selanjutnya ada paket mandi uap timung, yakni sebuah treatment dengan bahan rempah tradisional yang berkhasiat untuk detoksifikasi, relaksasi, menghilangkan bau badan dan menghaluskan kulit. Untuk paket mandi uap timung ini ditawarkan Vera dengan harga Rp 95 ribu. Perawatan lainnya ada paket untuk Mom and Baby Spa yang ditawarkan Rp 275 ribu, Mom and Kids Spa yang ditawarkan Rp 300 ribu serta Pre Wedding Treatment yang dipatok dengan harga Rp 700 ribu.

Selain menawarkan sistem paket, Latifa Moslema & Baby Spa ini juga menawarkan treatment khusus untuk perawatan wajah, di antaranya facial plus totok wajah Rp 120 ribu, facial plus totok wajah plus perawatan mata Rp 150, facial plus totok wajah plus serum plus perawatan mata Rp 175 ribu dan terakhir adalah paket lengkap perawatan wajah yakni facial, totok wajah, serum, perawatan mata, telinga yang ditawarkan dengan harga Rp 200 ribu.

Sedangkan paket perawatan ibu hamil dan yang sedang menjalani masa nifas ditawarkan Vera dengan harga Rp 235 ribu. Dari harga tersebut konsumen akan mendapatkan treatment lengkap yang didukung oleh tenaga profesional. Adapun untuk tahapan treatment dimulai dari ANC (pemeriksaan kandungan), kemudian totok wajah, pregnancy massage untuk ibu hamil dan postnatal massage untuk ibu dalam masa nifas, aromatherapy, lulur tradisonal, perawatan payudara dan terakhir rendam rempah.

Selain lengkapnya treatment yang ditawarkan, Latifa Moslema and Baby Salon Spa juga menawarkan suasana tempat yang nyaman. Dengan desain interior bernuansa Jawa dan teknik terapis hingga bahan-bahan perawatan kecantikan yang menggunakan ramuan tradisional khas Jawa.

Mobile Spa

Tidak hanya menyediakan kenyamanan dalam tempat, namun Vera juga memberikan kenyamanan dalam sebuah layanan jasa spa panggilan. “Untuk mobile spa malah justru paling banyak diminati, karena konsumen bisa menghemat waktu, tenaga dan uang. Apalagi ditambah kondisi jalanan kota yang macet, membuat mobile spa ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh konsumen, bahkan 80% pemasukan usaha spa kami malah dari mobile spa tersebut,” ucapnya.

Untuk spa panggilan ini Vera menerima semua jenis treatment yang ada kecuali untuk perawatan rambut. Mengenai  tarif dari mobile spa ini hampir sama dengan harga yang ada di tempat. Hanya saja untuk mobile spa konsumen akan dikenakan biaya tambahan berupa transportasi dengan besaran biaya menyesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Supaya mobile spa yang dijalankan berjalan dengan efisien, maka Vera menetapkan tarif minimum order perawatan Rp 500 ribu per sekali datang.

Dengan memberikan kualitas tempat dan layanan, sedikit demi sedikit usaha yang dijalankan mulai berkembang. Hal itu ditunjukkan dengan tidak pernah sepinya usaha perawatan kecantikan yang dijalankan Vera. Setidak dalam sebulan Vera bisa meraup omset hingga Rp 60 juta dengan keuntungan bersih mencapai 50%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.