Momen Prabowo dan Erick Thohir Sopiri Presiden Jokowi, Sinyal Kuat Dukungan?

0
321
Prabowo dan Erick Thohir
Momen Prabowo dan Erick Thohir Sopiri Presiden Jokowi, Sinyal Kuat Dukungan?
Pojok Bisnis

Kunjungan Presiden Jokowi ke PT Pindad di Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu menjadi sorotan karena momen langka ketika Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyopiri Presiden.

Namun, menurut Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin, momen tersebut diyakini bukanlah sesuatu yang spontan. Sebaliknya, momen tersebut telah direncanakan sebelumnya dan menjadi bagian dari sinyal dukungan di Pilpres 2024.

Ujang Komarudin menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Jokowi ke PT Pindad di Malang Jatim telah dipastikan direncanakan sebelumnya.

Hal ini terlihat dari pertemuan sebelumnya antara Presiden Jokowi dengan kedua menteri kabinet, yaitu Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir, di Istana Bogor.

PT Mitra Mortar indonesia

Pada pertemuan tersebut, mereka membahas tentang industri pertahanan dalam negeri, di mana PT Pindad berperan sebagai salah satu BUMN sektor pertahanan.

“Kebersamaan itu jadi penting dan prosesnya tidak ada yang tiba-tiba. Pasti semuanya dalam planning, dalam sebuah design, dalam sebuah perencanaan,” ungkap Ujang Komarudin.

Momen ini juga dianggap sebagai simbol kuat restu dari Presiden Jokowi kepada pasangan Prabowo Subianto dan Erick Thohir. Kedua tokoh ini merupakan yang tertinggi dalam hasil survei beberapa lembaga terkait calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres).

Terlebih lagi, keduanya juga merupakan bagian dari pemerintahan Jokowi, sehingga dukungan dan restu dari Presiden dianggap wajar dan lumrah.

“Dengan menyopiri Presiden, mereka terlihat akrab, dan itu merupakan simbol dukungan Jokowi terhadap pasangan Prabowo-Erick Thohir. Kebersamaan ini saya lihat sebagai upaya untuk merekatkan mereka, agar Prabowo-Erick bersatu, bersanding, berjodoh,” tambahnya.

“Saya melihatnya sebagai hal yang wajar, rasional saja, karena mereka bagian dari pendukung pemerintah dan berada dalam pemerintahan yang sama.”

PAN Juga Bersiap Beri Dukungan

Partai Amanat Nasional (PAN) juga bersiap memberikan dukungan pada Pilpres 2024. Kedekatan antara Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu pertimbangan penting dalam dukungan tersebut. Semakin intensnya kedekatan kedua menteri ini terlihat dari kehadiran mereka dalam banyak acara yang sama.

Belum lama ini, Prabowo Subianto didampingi oleh Erick Thohir menyopiri Presiden Jokowi dengan menggunakan mobil Maung Pindad saat kunjungan ke Malang, Jatim. Momen ini semakin memperkuat keyakinan bahwa kedekatan antara Prabowo Subianto dan Erick Thohir mendapatkan restu dari Presiden Jokowi, terutama menjelang Pilpres 2024, di mana pasangan mereka digadang-gadang sebagai Capres dan Cawapres yang potensial.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan