Pertamina Luncurkan Pertamax Green 95: Bahan Bakar Kendaraan Inovatif Berbahan Bioetanol Ramah Lingkungan

0
4730
Pertamax Green 95
Pertamina Luncurkan Pertamax Green 95: Bahan Bakar Kendaraan Inovatif Berbahan Bioetanol Ramah Lingkungan
Pojok Bisnis

PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Commercial & Trading, yakni PT Pertamina Patra Niaga, hari ini secara resmi memperkenalkan produk bahan bakar kendaraan (BBK) baru bernama Pertamax Green 95. Pengenalan produk inovatif ini secara serentak dilakukan di kota Jakarta dan Surabaya pada hari Senin (24/7/2023).

Pertamax Green 95 merupakan jenis BBK yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan baku terbarukan, yaitu Bioetanol dengan kandungan sebanyak 5%. Kerjasama yang sinergis antara Pertamina dan PT Energi Agro Nusantara, anak usaha PT Perkebunan Nusantara X (Persero), membuat tersedianya bahan baku Bioetanol yang dihasilkan dari molase tebu dan diolah menjadi etanol fuel grade.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, menyatakan bahwa produk Pertamax Green 95 merupakan langkah nyata perusahaan dalam mendukung target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. Ia menegaskan bahwa produk BBK ini merupakan salah satu pilar penting transisi energi Pertamina untuk mendukung upaya transisi energi nasional dengan menggunakan campuran bahan bakar nabati.

Lebih lanjut, Nicke menjelaskan bahwa pengembangan Pertamax Green 95 juga memberikan dampak positif bagi petani tebu, dengan melibatkan lebih dari 9000 petani dalam proses produksi bahan baku Bioetanol tersebut.

PT Mitra Mortar indonesia

Produk ini pertama kali dipasarkan di tahap awal di 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Surabaya dan 5 SPBU di Jakarta. Pertamina berharap bahwa kehadiran Pertamax Green akan memberikan efek berlipat ganda bagi perekonomian Indonesia dan sekaligus membuka peluang penetrasi pasar global yang luas bagi perusahaan dan produk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication Pertamina, berharap agar produk baru ini diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga bersama-sama dapat mendukung program pemerintah dalam mencapai target NZE tahun 2060. Ia mengajak masyarakat untuk aktif berperan serta dalam mendukung transisi energi dan mencapai target NZE pemerintah Indonesia dengan menggunakan BBK ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memilih Pertamax Green 95.

Sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, Pertamina bertekad untuk terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) sebagai bagian dari komitmen mendukung target Net Zero Emission tahun 2060.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan