Bisnis GPS Tracking Semakin Diminati Pasar

0
181
GPS Tracking (dok GPS trackermurah.com)

 

Bagi para pemilik kendaraan khususnya roda empat, tentu tidak asing lagi dengan alat pelacak yang satu ini. Global Positioning System atau yang lebih dikenal dengan GPS Tracker memang merupakan salah satu alat berteknologi canggih yang banyak diburu para pemilik kendaraan roda empat beberapa waktu belakangan.

Angka pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) khususnya roda empat yang semakin meningkat di beberapa kota besar beberapa waktu belakangan adalah alasan utama mengapa GPS banyak diminati pasar.

Melihat semakin tingginya angka pencurian kendaraan setiap tahun menurut pengamat otomotif Adirizal Nizar, merupakan salah satu alasan utama mengapa kebutuhan akan GPS Traker terus mengalamai peningkatan.

Senada dengan Adirizal, pengamat usaha otomotif yaitu Yunelvi, mengatakan para pemilik kendaraan tidak segan untuk mengeluarkan dana lebih guna melindungi kendaraan mereka dari pencurian yang kerap terjadi saat ini.

GPS Tracker

Bila dilihat dari fungsinya, Global Positioning System (GPS) Tracker memang dibuat untuk memberikan perlindungan bagi para pemilik kendaraan khususnya roda empat. Pasalnya, dengan teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan real-time.

GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. ”GPS tracker merupakan pengembangan dari GPS, yang memang dikhususkan untuk melacak objek bergerak seperti kendaraan dan lainnya dengan kombinasi GSM dan GPS,” ungkap Wahyu Hadi Kusuma, pengamat usaha teknologi.

Melihat fungsi dari GPS tracker tersebut, tidak heran saat ini banyak orang yang mencoba terjun ke usaha pemasangan GPS tracker ini. Salah satunya adalah Cecep Sofyan Hamdani, Pemilik Best GPS Tracker, dengan kemampuan dalam perakitan GPS tracker berbasis handphone, pria yang akrab disapa Sofyan ini mulai mengembangkan usaha GPS-nya.

Menurut Sofyan dari perkembangan GPS tracker yang ada, saat ini GPS tracker dengan berbasis smartphone atau jaringan internet banyak diminati pasar. Karena memang GPS tracker yang satu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan GPS terdahulu.

Selain bisa memantau posisi kendaraan dari jarak ratusan kilometer, GPS tracker juga memiliki fitur lainnya yaitu  auto refresh map tracking, user web tracking untuk setiap konsumen, manajemen obyek pelacak dan trip report history. “Selain itu juga bisa mematikan dan menyalakan mesin dari jarak jauh dengan menggunakan pesan singkat atau SMS,” ucapnya.

Tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan Sofyan, pelaku usaha GPS tracker lainnya yaitu Rendy Kuswadi, Pemilik Rendy Tech juga mengakui bahwa GPS tracker yang terkoneksi dengan smartphone banyak dipilih konsumen.

Penambahan Fitur

Agar mampu bersaing dengan palaku usaha sejenis di masyarakat, pelaku usaha GPS tracker mencoba mengembangkan produk GPS tracker yang ditawarkannya. Seperti misalnya Rendy Kuswadi yang menambahkan Fuel Pump Setting pada saat pemasangan GPS.

Pria yang memiliki pengalaman di bidang IT khususnya hardware ini menuturkan, Fuel Pump Setting merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh usaha GPS tracker-nya. Fuel Pump Setting tersebut dibuat Rendy karena melihat saat ini pelaku kejahatan yang semakin canggih. Di mana mereka bisa mengetahui letak GPS dipasang dan mencopotnya sehingga keberadaan kendaraan tidak bisa terlacak.

Berdasarkan hal tersebut Rendy mencoba menggunakan  Fuel Pump Setting pada saat pemasangan GPS pada kendaraan konsumen. Secara garis besar, sistem ini menjadikan alat GPS sebagai salah satu sumber tenaga dengan memberikan penambahan kabel yang disambungkan dari fuel pump yang ada di kendaraan dengan GPS. Dengan menggunakan sistem yang ditemukan oleh Rendy ini, apabila GPS dilepas baik oleh pencuri maupun hal apapun, maka kendaraan akan secara otomatis mati karena tidak adanya aliran listrik ke mesin.

Sofyan juga melakukan pengembangan pada usahanya, yaitu dengan Web Based GIS Solution yang dianut, konsumen dapat mengakses sistem dengan lebih mudah kapan pun dan di mana pun. Selain itu pria ramah ini juga memberikan garansi satu tahun, dan adanya baterai backup kepada konsumennya sehingga tidak perlu khawatir kehabisan baterai pada saat pengoperasian.

Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan para pelaku usaha GPS tracker ini, harga jual yang terjangkau juga merupakan nilai lebih dari usaha yang mereka jalankan. Seperti Sofyan yang memasarkan produk GPS tracker dengan harga Rp 1,6 juta untuk alat GPS dan pemasangannya.

Sedangkan Rendy Kuswadi, Pemilik Rendy Tech juga menawarkan harga yang tidak jauh berbeda. Untuk produk GPS tracker Randy menawarkan harga mulai dari Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta sedangkan untuk pemasangannya mulai dari 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Pangsa Pasar Luas

Pengamat marketing Cahyo Adinugroho mengatakan, memasarkan produk GPS tracker ini bisa dibilang tidak sulit. Karena memang produk ini sedang banyak dicari para pemilik kendaraan roda empat. Karena itu, sekarang tinggal bagaimana para pelaku usaha memasarkan produknya ke masyarakat.

Untuk target market, selain individu juga bisa menyasar pada instansi maupun pelaku usaha yang mengandalkan armada roda empat sebagai ujung tombaknya seperti usaha rental mobil yang saat ini sedang marak di masyarakat atau usaha taksi yang memiliki armada yang tidak sedikit. “Saya mencoba melakukan penawaran langsung ke beberapa perusahaan rental maupun perusahaan taksi dan travel, hasilnya sangat menggembirakan,” tutur Rendy Kuswadi pemilik Rendy Tech.

Dengan pemasaran yang tepat sasaran tersebut, tidak heran para pelaku GPS tracker ini banyak mendapatkan pesanan dari para konsumen. Seperti Sofyan yang bisa memasang 70 unit GPS tracker setiap bulan dengan omset mencapai Rp 112 juta. Sedangkan Rendy Kuswadi yang bisa memasang 200 GPS tracker bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar 60% dari omset.

Dengan pangsa pasar yang besar tersebut, tentu saja prospek usaha GPS tracker ini masih sangat bagus. Bagaimana dengan Anda? Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.