Keuntungan Bisnis  yang Buka 24 Jam

0
302
minimarket buka 24 jam (dok potretnews.com)

 

Di zaman modern ini, aktivitas masyarakat tak lagi mengenal waktu. Baik sekadar refreshing atau tuntutan pekerjaan, terutama di kota-kota besar. Kondisi ini menciptakan peluang usaha yang tak terikat jam kerja dengan munculnya bisnis dengan konsep buka 24 jam. Seberapa besar prospek usaha ini?

Bagi Anda yang tertarik membuka usaha 24 jam, sebaiknya perlu memperhatikan lokasi usaha. Untuk lokasi ini pilih tempat yang ramai dan biasakan di jalur padat yaitu jalur yang paling sering dilintasi orang. Pilih  juga lokasi yang aksesnya mudah ditempuh. Tempat usaha harus mencolok ketimbang yang lainnya. Dan mencantumkan tulisan logo 24 jam agar calon konsumen tahu bahwa usaha yang kita buat buka nonstop 24 jam.

Ratih Ratnasari, pemilik Warung Kopi Berkah yang berlokasi di Pondok China Beji, Depok juga mengaku lokasi yang strategis sangat penting. Ia memilih lokasi berdekatan dengan lingkungan kos-kosan dan lingkungan kampus Universitas Indonesia dan BSI Depok Jawa Barat, karena rata-rata para mahasiswa dan para pekerja sudah terbiasa beraktivitas atau bekerja hingga larut malam bahkan bekerja pada malam hari.

Karena usaha ini dilakukan dari pagi hingga pagi lagi maka yang paling penting adalah memperhatikan masalah keamanan terutama premanisme. Sebaiknya tanyakan juga kepada para tetangga yang berada  di sekitar tempat usaha siapa bos atau centeng keamanannya, berapa iurannya per bulan atau per hari. Keamanan ini juga berlaku untuk para karyawan dengan memilih tenaga kerja pria untuk bertugas pada malam hari, selain itu penjagaan seperti sekuriti atau penjaga parkir juga harus diperbanyak.

Seperti dilakukan Restoran Aneka Bubur di Jalan Radio Dalam Ujung Jakarta Selatan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Nur Amin Penanggung Jawab Restoran Aneka Bubur mengaku, memilih tenaga kerja Restoran Aneka Bubur semuanya pria  untuk shift pagi hari dan malam hari. Sedangkan untuk menjaga  keamanan  ia memilih tukang parkir  yang berasal dari anak muda yang tinggal di sekitar restoran. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya kericuhan dengan penduduk sekampung, dan lebih mudah mengontrol ketika ada pencurian kendaraan atau kejadian yang merugikan pelanggan.

Sedangkan  di Terwaralaba  Indomaret milik Tulus Siagian, Jl. Tole Inskandar No. 1 Simpang Depok, jam kerja dibuat menjadi 3 shift, di mana shift pertama bertugas pukul 07.00 – 15.00 WIB, shift kedua bertugas pukul 15.00 – 23.00 WIB, dan shift ketiga pukul 23.00 – 07.00 WIB, dan khusus untuk shift ketiga yang bertugas hanyalah karyawan pria.

Ciptakan Suasana Ramai

Untuk membuat suasana usaha yang ramai pelaku usaha mengundang relasi/teman, selain itu jangan langsung memberikan diskon yang tinggi tetapi sedikit-sedikit saja. Misalnya bulan pertama berikan diskon 20 persen kemudian tiga bulan kemudian berikan diskon 10 persen hingga 6 bulan berikutnya. Setelah itu, diskon dapat di-stop. Sebab, jangan sampai kita terjebak diskon artinya orang hanya mau datang kalau ada diskon saja.

Selain itu, khusus usaha tempat makan, buat suasana ruangan santai dan nyaman serasa di rumah sendiri. Karena biasanya pengunjung yang datang di malam hingga dini hari ini mencari suasana yang beda dan ingin tetap melakukan aktivitas namun dengan keadaan yang membuat mereka bisa rileks.

Seperti konsep yang ditawarkan Restoran Aneka Bubur yang membuat dua konsep tempat makan yaitu lesehan dan bukan lesehan. Selain itu ruangan tersebut juga dibuat terbuka agar pelanggan yang datang di malam atau dini hari merasa nyaman dan bisa leluasa menikmati hidangan sambil bersenda gurau.

Potensi Usaha

Persaingan usaha yang kian pesat memaksa pengusaha untuk mencari cara untuk memenangkan persaingan. Sistem usaha dengan konsep buka 24 jam bisa menjadi alternatif menghadapi pesaing, mengingat masih jarang usaha yang  buka dengan konsep 24 jam. Apalagi dengan jam buka yang panjang keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar. Menurut Handito Hadijoewono, pengamat bisnis dari Arrbey Strategy and Marketing Consulting Firm, usaha 24 jam memiliki waktu jam buka atau transaksi lebih panjang, sehingga potensi mendapat profit margin lebih tinggi dari yang hanya membuka 12 jam saja.

Menurut Tulus Siagian, Indomaret yang buka 24 jam tingkat lakunya lebih tinggi hingga 50% dibandingkan yang tidak buka 24 jam, apalagi kalau terletak di jalan umum yang banyak dilalui kendaraan. Indomaret milik Tulus baru beroperasi 24 jam sejak Januari 2009.

Tingkat laku yang lebh tinggi juga dialami usaha cuci motor dan mobil 24 jam  milik Vandy Eben Ezer, yang terletak di Jalan Terusan By Pass No.88 Jakarta Pusat. Dalam sehari ia bisa melayani konsumen hingga 70 kendaraan mobil maupun sepeda motor. “Kalau Sabtu Minggu bisa sampai 100 buah kendaraan,” ujar pria kelahiran Jakarta 14 Mei 1982 ini.

Menurutnya tingkat laku bisnis cuci motor ini dibanding usaha sejenis yang tidak buka 24 jam bisa mencapai 40%. “Jam-jam paling laku pada saat jam berangkat kerja, jam makan siang dan jam pulang kerja” ungkapnya. Namun biaya yang dibutuhkan untuk jenis usaha ini dibandingkan usaha sejenis yang tidak buka 24 jam bisa sampai tiga kali lipat. Untuk menekan biaya operasional ia turun langsung ke lapangan dan mempercayakan saudara sendiri untuk ditempatkan di bagian kasir.

Namun menurut Handito, ada beberapa kelemahan usaha 24 jam antara lain ada persepsi konsumen bahwa outlet 24 jam relatif lebih mahal, pengelolaan relatif lebih ‘ribet’ terutama berkaitan dengan rekrutmen karyawan dan faktor pengamanan. Sistem keamanan dan SDM usaha ini bisa dibilang lebih merepotkan dibanding usaha biasa. Namun bila dimungkinkan penerapan sistem outsourcing kerja akan lebih memudahkan.

Bisnis yang Cocok

Menurut Handito, usaha dengan konsep 24 jam pada dasarnya bisa dilakukan pada semua jenis produk atau jasa. Beberapa contoh usaha 24 jam yang cocok dibuka dengan konsep 24 jam adalah warnet, warung makan/warteg, warung indomie, warung kopi gerobak, minimarket, cuci motor, money changer, resto makanan siap saji, bisnis online, cafe, restoran, game online, klub kesehatan & Gyms, salon kecantikan dan digital printing. Tentu selain bisnis yang memang seharusnya buka 24 jam seperti radio, televisi, rumah sakit, klinik, apotek, dan pom bensin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.