Tentang Mentor Bisnis, Perlukah?

0
262
Pentingnya mentor (dok theceomagazine.net)

 

Banyak orang mengatakan bahwa saat berbisnis, seseorang harus memiliki mentor. Benarkah seperti itu?. Kenyataan dilapangan, memang itu faktanya.

Tahukah Anda?. Mungkin ada sebagian orang sukses dalam bisnis tanpa memiliki mentor. Tapi, jumlah orang yang berhasil jauh lebih banyak karena adanya bimbingan seorang mentor.

Dengan memiliki mentor, Itu artinya ada orang yang dijadikan panutan, ada seseorang yang dicontoh, ada seseorang yang mengarahkan, ada seseorang yang menasehati, dan ada seseorang untuk ditanya, Ujung-ujungnya bisnis jadi lebih terarah dan lebih cepat menghasilkan.

Karena kami sudah merasakan betapa memiliki mentor itu sangat bermanfaat, maka kami sangat merekomendasikan kepada Anda untuk memiliki mentor juga. Apalagi di zaman seperti ini. Ketika informasi sangat mudah diakses, maka menemukan seorang mentor jadi lebih mudah.

Ngomong-ngomong tentang seorang mentor, kalau bisa jika Anda mencari seorang mentor, pastikan mentor Anda memiliki 2 hal ini. .

Pertama, teruji Amalnya, Kedua, teruji Akhlaknya. Amal itu adalah segala hal yang dilakukan orang tersebut. Contohnya seperti aktivitas hariannya, apa kegiatannya, visinya, dan sejenisnya. Sedangkan akhlak adalah karakternya.

Selain kriteria diatas, silahkan tambahkan kriteria lainnya sesuai yang Anda mau. Tapi apapun kriteria yang Anda tambahkan, pastikan saat memilih seseorang jadi mentor Anda, ada 2 hal diatas. Kenapa? Karena jika seseorang memiliki seorang mentor, maka orang tersebut akan jadi persis seperti mentornya.

Ya, mulai dari cara bicara, cara bersikap, cara merespon sesuatu, dan banyak hal lainnya akan jadi seperti mentor. Oleh karena itu, punya mentor saja tidak cukup. Pastikan Anda memilih mentor yang teruji amal dan teruji akhlaknya agar Anda tetap jadi seseorang yang lurus.

Oh ya, kalau mau hasil yang lebih maksimal, saat memilih mentor bisnis, carilah mereka yang bisnisnya mirip dengan Anda. Kalau bisnisnya mirip, nasehat-nasehatnya jadi lebih praktis untuk diikuti. Nah, itu adalah beberapa gambaran dalam mencari mentor.

Kemudian, Untuk Anda yang sudah memiliki mentor, agar bisnis Anda berkembang maka terapkanlah sifat-sifat ini saat berinteraksi dengan mentor Anda.

Pertama, Proaktif

Lebih antusias saat dengan mentor. Jangan hanya menunggu mentor memberikan arahan, tapi tanyalah setiap Anda bingung terhadap sesuatu.
Pada dasarnya, seorang mentor akan lebih senang memberikan ilmunya jika penerimanya antusias.

Kedua, Terbuka

Jika kita terbuka terhadap mentor, maka mentor akan lebih paham ilmu yang lebih cocok untuk perkembangan bisnis kita. Misalnya saja jika kita ingin berobat ke dokter karena sakit flu, batuk dan radang. Tetapi saat konsultasi dengan dokter kita hanya mengeluhkan hanya sakit batuk, kemudian dokter memberikan resep obat batuk saja.

Kebayang kan, jika kita konsumsi obat dari dokter tersebut bukannya sembuh malah bisa tambah parah sakitnya karena obat yang tidak sesuai dengan sakit yang sebenarnya.

Jadi lebih baik konsultasikan masalah bisnis yang sebenarnya ke mentor seterbuka mungkin agar mentor juga bisa memberikan masukan yang tepat untuk bisnis kita.

Ketiga, Teachable

Selalu siap belajar kapanpun. Pada dasarnya kesiapan seseorang dalam menerima ilmu, lebih penting dari ilmu itu sendiri. Mereka yang siap belajar, akan mengerti banyak walau hanya dengan penjelasan yang sedikit.

Keempat, Siap Dikritik

Dan mungkin ini adalah sikap yang penting. Saat berkonsultasi dengan mentor, mentor akan memberikan masukan. Beberapa masukan akan terasa pedas. Tapi begitulah mentor yang baik. Persis seperti orang tua yang menunjukan sayangnya dengan nada emosi.

Begitulah mentor yang sayang kepada bimbingannya. Terkadang mereka lembut, terkadang mereka keras bahkan keras sekali.Keras adalah bukti cinta dari sang mentor.

Jadi, begitulah tips yang bisa kami berikan jika Anda berinteraksi dengan mentor Anda

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.