Bisnis Rintisan Kreatif Padang Terus Tumbuh

0
767

Berempat.com – Salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia melihat pertumbuhan yang cukup signifikan bisnis rintisan kreatif di kota Padang. Berdasarkan data dari market place yang identik berwarna hijau tersebut, pertumbuhan merchant di Padang mencapai 30% selama 2017. Dan untuk pembeli di kota Padang tumbuh 70% dalam kurun waktu yang sama.

Menurut CEO Tokopedia William Tanuwijaya, aksesoris dan fesyen menjadi produk kreatif yang paling dicari dan dijual oleh warga Padang.

“Data tersebut memperlihatkan masih ada peluang besar bagi para kreator Padang untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform penjualan online dalam pengembangan bisnisnya” ujar William yang juga pendiri Marketfest dalam keterangan tertulisnya.

Karena pertumbuhan itu, Tokopedia pun memilih Padang sebagai salah satu tuan rumah pergelaran Makerfest 2018 agar dapat menyaring dan memberdayakan bibit-bibit kreator lokal yang potensial.

Tahun ini, ada 30 merchant  asal kota Padang yang akan mengikuti Marketfest 2018. Dari jmlah tersebut, mayoritas merupakan kreator produk fesyen dan aksesoris.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan, target utama Maketfest adalah generasi milennial yang bisa menjadi motor pertumbuhan para kreator lokal di indonesia.

Menurutnya, ada lebih dari 30% pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milennial. Karena besarnya populasi tersebut, Triawan menilai anak muda Indonesia punya potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi Indonesia.

“Melalui program seperti Marketfest, kami berharap ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya, sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi, serta mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya,” ujarnya.

Maketfest sendiri merupakan program independen yang bekerja sama dengan Tokopedia dan didukung oleh pemerintah, salah satunya Bekraf. Untuk Marketfest 2018 akan digelar sepanjang April-Desember 2018 di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Dari setiap kota akan ditunjuk pemenang yang akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Makerfest 2018 pada Desember 2018. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan binisnya dan memberikan seminar di depan para juri dan pengunjung.

Tiga terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan hadiah senilai Rp 1 miliar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.