Liga Inggris Cetak Rekor Raih Laba Tertinggi Dalam Sejarah

0
317

Berempat.com – Sempat mengalami kerugian pada musim kompetisi 2015-2016, kinerja Liga Inggris kembali naik pada musim kompetisi 2016-2017. Diketahui Liga Inggris berhasil mencatat nilai transaksi hak siar di level tertinggi.

Melansir dari BBC, berdasarkan data Deloitte, Liga Inggris mencatatkan pendapatan pada musim 2016-2017 mencapai 4,5 miliar. Dari angka tersebut tercatat laba sebelum pajak sebesar 500 juta.

Kabarnya, hak siar Liga Inggris untuk musim kompetisi 2016-2019 mendatang mencapai 5,13 miliar. Hak siar tersebut telah dimenangkan oleh Sky dan BT. Namun, justru hasil lelang hak siar domestik untuk musim kompetisi 2019–2022 menurun menjadi 4,46 miliar.

“Meskipun hingga saat ini pertumbuhan transaksi hak siaran domestik masih kurang. Kami masih berharap melihat pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan di musim mendatang,” ujar Kepala Deloitte Sport Business Group Dan Jones seperti dilansir dari BBC.

Lebih lanjut, Jones mewanti-wanti perlunya klub Liga Inggris mengantisipasi biaya upah yang akan terus meningkat. “Kami tak memperkirakan kenaikan akan di tingkat membahayakan profitabilitas Premier League secara keseluruhan,” katanya.

Menurut Jones, kenaikan upah pemain Liga Inggris yang signifikan cenderung terjadi pada tahun sebelum dimulainya siklus lelang hak siar yang dilakukan setiap tiga tahun sekali. Dan setelah lelang hak siar, dijamin pendapatan akan lebih besar.

Untuk musim 2016-2017, Liga Inggris mencatat peningkatan biaya upah 9% menjadi 2,5 miliar. Tapi, peningkatan tersebut mampu diimbangi dengan kenaikan pendapatan sebesar 25%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.