Bank Dunia Tambah Modal Sebesar US$ 13 Miliar

0
323
World Bank. (Worldbank.org)

Berempat.com – Setelah hampir tujuh tahun tak menambah modal, Bank Dunia akhirnya memutuskan untuk melakukan penambahan modal sebesar US$ 13 miliar (Rp 108 triliun). Rencana tersebut sudah disetujui oleh para pemegang saham. Dengan penambahan modal itu, Bank Dunia kemungkinan dapat lebih banyak memberikan pinjaman hampir US$ 80 miliar pada tahun fiskal 2019. Rata-rata, pinjaman yang diberikan akan menjadi US$ 100 miliar per tahun hingga 2030.

“Kami meningkatkan kapasitas World Bank Group lebih dari dua kali lipat,” ungkap Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim kepada wartawan dalam Spring Meetings IMF-World Bank di Washington, AS, seperti dilansir dari Reuters.

Rencananya, dari penambahan modal tersebut, US$ 7,5 miliar di antaranya akan disalurkan ke International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Institusi itu pun akan mendapatkan tambahan US$52,6 miliar dalam bentuk callable capital. Selain IBRD, ada juga International Finance Corp yang akan mendapat modal disetor senilai US$ 5,5 miliar.

Di sisi lain, guna mencegah peminjaman dana terlalu banyak dair negara berkembang, Bank Dunia pun mengubah aturan pinjaman IBRD dengan menaikkan bunga bagi negara berkembang yang berpendapatan lebih tinggi.

Penambahan modal ini akan berlaku efektif pada tahun fiskal baru yang dimulai 1 Juli 2018. Negara-negara anggota memiliki waktu hingga 8 tahun untuk membayar kenaikan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.