Saham Smartfren Disuspensi BEI, Ada Apa?

0
158
Bursa Efek Indonesia (BEI). (TEMPO/Tony Hartawan)

Berempat.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) terpaksa mesuspensi saham PT Smartfren Telecom Tbk. (Smartfren) pada Jumat (15/2). Suspensi yang dilakukan BEI ini merupakan tindak lanjut dari pergerakan saham salah satu emiten grup Sinarmas ini yang masuk lampu kuning pada Kamis (14/2). Pasalnya, saham Smartfren menunjukkan unusual market activity (UMA).

Kepala Divisi Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy menjelaskan, suspensi dilakukan BEI karena adanya peningkatan harga kumulatif yang signifikan atas saham Smartfren pada perdagangan kemarin. Karena itu, menurutnya, dalam rangka cooling down, BEI merasa perlu menghentikan sementara pergerakan saham Smartfren.

“BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham dan waran seri II PT Smartfren Telecom Tbk (FREN dan FREN-W) pada perdagangan tanggal 15/02/2019),” terangnya dalam keterbukaan informasi di Jakarta, Jumat (15/2).

Suspensi atas saham Smartfren pun tidak hanya berlaku di pasar reguler, namun juga di pasar tunai. Irvan berdalih agar bisa memberi waktu kepada pelaku pasar dalam mempertimbangkan keputusan investasinya dalam Smartfren.

Sebagai informasi, harga saham Smartfren sempat anjlok pada Senin (11/2) sebesar 0,94% ke level Rp210 per saham. Nilai saham kembali anjlok pada esok harinya 0,95% ke level Rp208 per saham. Sebelum kemudian sampai ke titik terendah pada Rabu (13/2) yang anjlok 4,33% ke level Rp199 per saham. Namun, pada Kamis kemarin, saham Smartfren langsung melonjak 32,66% ke level Rp264 per saham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here