Resmi Rilis, Ini Spesifikasi Fujifilm X-T30

0
546

Berempat.com – Fujifilm resmi merilis kamera mirrorless terbarunya X-T30. Kamera ini diklaim memiliki bodi yang lebih ringkas dan ringan dengan berat 383 gram, serta didukung fitur baru yang tidak dimiliki pendahulunya.

Pada X-T30 Fujifilm melakukan perubahan berupa penggantain selector buttons dengan tuas fokus yang  memungkinkan adanya ruang pegangan tambahan di bagian belakang. Selain bertujuan meningkatkan kenyamanan, perubahan dilakukan agar pengoperasian bisa lebih cepat dan intuitif.

X-T30 memiliki layar LCD 1,3 mm. Kemampuan layar sentuhnya diklaim punya respon yang lebih baik. Sementara untuk dapur pacu, X-T30 punya spesifikasi yang mirip X-T3 dengan menyematkan sensor X-Trans CMOS 4 berukuran 26,1 megapixel dan X-Processor 4 Quad Core-CPU.

Jumlah piksel fase deteksi pada sensor gambar X-Trans CMOS 4 telah meningkat menjadi 2,16 juta, atau sekitar 4 kali lipat dari model X-Trans CMOS 3. Area AF fase deteksi pada sensor sekarang mencakup seluruh frame, sehingga memungkinkan untuk fokus secara cepat dan akurat pada subjek di mana saja dalam bingkai.

Batas cahaya rendah untuk fase deteksi AF telah diperluas dari + 0,5EV ke -3EV, memungkinkan autofokus pada pencahayaan yang sangat minim seperti pada malam hari atau di bawah cahaya redup, seperti cahaya lilin.

Fitur Face Select yang disematkan dapat memberikan prioritas fokus otomatis pada wajah. Selain itu, kinerja mode Advanced SR Auto telah ditingkatkan sejalan dengan peningkatan kinerja AF kamera.

Dalam mode ini, kamera secara otomatis memilih pengaturan pemotretan optimal untuk adegan tertentu dari 58 preset, sehingga fotografer dapat mencapai kualitas gambar terbaik tanpa harus khawatir tentang pengaturan apa pun.

Di sektor video, X-T30 mendapat peningkatan signifikan dari pendahulunya. Kamera ini merekam dalam 6K (6240×3510) untuk menghasilkan kualitas menakjubkan di format 4K (3810×2160). Kamera juga mendukung format DCI (17: 9), yang memberikan tampilan sinematis yang lebih baik pada video.

Mode Film Simulation dapat diterapkan tidak hanya saat memotret tetapi juga saat merekam video, termasuk emulator gambar bergerak ETERNA. Video 4K/30P dapat direkam pada 4: 2: 0 8 bit ke SD card. Dengan kemampuan rekaman F-log dan 4: 2: 2 10bit melalui kemampuan port HDMI membuat kamera ini cocok digunakan videografer yang lebih serius.

Bila tertarik, Anda bisa membawa pulang X-T30 di kisaran harga sekitar Rp13 juta. Fujifilm memberikan penawaran khusus seperti bundling spesial dan diskon tambahan pada tanggal 25 – 31 Maret 2019 melalui platform e-commerce.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.