Indonesia Sepakati Rute Penerbangan Jakarta-Addis Ababa, Ethiopia

0
363
Garuda Indonesia. (infoakurat)

Berempat.com – Melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pemerintah Indonesia dikabarkan telah menyepakati rute penerbangan Indonesia ke Ethiopia, tepatnya Jakarta-Addis Ababa. Menurut Retno, kesepakatan ini dapat meningkatkan konektivitas antara Indonesia dengan negara-negara di Afrika. Salah satu jalannya melalui Ethiopia.

“Memang masih sangat dirasakan adanya kekurangan konektivitas di antara Indonesia dengan Afrika, termasuk air connectivity,” ujar Retno setelah bertemu dengan CEO Ethiopian Airlines dengan didampingi oleh perwakilan dari Garuda Indonesia di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/4).

Karena itu, sambung Retno, kesepakatan penyediaan rute penerbangan Jakarta ke Addis Ababa merupakan terobosan baru. Di samping itu, kesepakatan pengadaan penerbangan Jakarta-Addis Ababa ini sendiri dilakukan oleh Ethiopian Airlines dan Garuda Indonesia.

Menurut Retno, salah satu keuntungan dari pembukaan rute baru penerbangan ini sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan ekonomi antara Indonesia dan Afrika.

“Isu konektivitas menjadi sangat penting, artinya sebagai penopang upaya meningkatkan kerja sama ekonomi, utamanya di bidang perdagangan,” ujar Retno.

Selain itu, Retno mengungkapkan keuntungan lain dengan adanya kesepakatan ini. Retno membocorkan informasi mengenai rencana pemerintah di beberapa negara Afrika yang ingin menjadikan Addis Ababa sebagai pusat pelayanan visa untuk negara-negara di Afrika.

“Sehingga pada saat ada penerbangan dari Jakarta ke Addis Ababa, maka visa untuk negara Afrika lainnya yang tidak mekiliki perwakilan di Indonesia, bisa juga dilayani dari Addis Ababa,” terang Retno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.