Soekarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk ke-17 di Dunia

0
603
Suasana di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Kristianto Purnomo/ Kompas.com)

Berempat.com – Airports Council International (ACI) menempatkan bandara internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara ke-17 tersibuk di dunia dengan melayani 63 juta penumpang. Dengan angka tersebut, Bandara Soekarno-Hatta bahkan mengungguli Bandara Changi, Singapura yang berada di urutan 18 dengan melayani 62,22 juta penumpang, dan Bandara Incheon, Korea Selatan yang melayani 62,16 juta penumpang.

Dalam rilisnya, ACI menjelaskan bila ada peningkatan signifikan secara global dari segi jumlah penumpang, kargo, angkutan internasional, dan total pergerakan pesawat yang masuk dalam indikator penilaian.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Bandara Soekarno-Hatta memang mengalami pertumbuhan penumpang melebihi kedua bandara tersebut.

“Salah satu catatan yang menarik, Bandara Soekarno-Hatta telah menarik perhatian dunia dengan menempatkan posisi bandara ini sebagai bandara tersibuk menggungguli Bandara Changi dan Incheon,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (11/4).

Dengan fakta tersebut, Awaluddin menganggap data tersebut bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi penggelut bisnis yang bersinggungan dengan dunia penerbangan. Apalagi, menurut Awaluddin peningkatan penerbangan di Soekarno-Hatta ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis yang jeli.

Awaluddin pun menilai, adanya lonjakan penumpang di Soekarno-Hatta menunjukkan bahwa layanan yang efisen serta pelayanan tersistem yang diusung oleh PT Angkasa Pura dapat membuahkan hasil dan memuaskan para penumpang.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari ACI status bandara tersibuk di dunia dipegang oleh Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, Amerika Serikat yang melayani 104 juta penumpang. Kedua ditempati Beijing Capital International Airport, Tiongkok dengan 96 juta penumpang; Dubai International Airport, Uni Emirat Arab di urutan ketiga dengan 88 juta penumpang; Tokyo Haneda International Airport, Jepang di urutan keempat dengan 85 juta penumpang; dan Los Angeles International Airport, Amerika dengan 84.6 juta penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.