Solusi Dinding Rumah yang Mudah Retak Hingga Lapuk

0
1092
Ilustrasi dinding yang mudah retak dan lapuk. (Unsplash/Dave Webb)

Berempat.com – Siapa pun pasti ingin memiliki rumah yang tak hanya bagus, tapi juga nyaman dan terutama, tak mudah usang. Lalu, apa jadinya kalau rumah yang kita tempati saat ini sudah mengalami rusak di sana-sini. Seperti pada bagian dinding yang sudah retak di mana-mana dan lembab karena air hujan kerap rembas. Pasti rasanya sangat tidak nyaman dan membuat kita ingin segera merenovasi rumah.

Saat renovasi itulah pastinya kita perlu mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Belum lagi kalau ternyata material yang kita gunakan untuk plester dinding tak bagus, maka dalam hitungan 2-3 tahun kerusakan akan kembali terjadi.

Lalu bagaimana solusinya?

Top Mortar Plaster & Brick Layer adalah solusi tepat bagi Anda. Sebab produk ini merupakan semen serbaguna siap pakai yang terdiri dari campuran semen, filler, additif, dan pasir silika. Semen instan ini merupakan produk plesteran dinding yang sangat praktis digunakan karena hanya perlu menambah air. Top Mortar Plaster & Brick Layer juga bisa digunakan sebagai pasangan bata merah, bata lubang (hollow block) dan batako.

Mengutip dari situs resminya, Top Mortar Plaster & Brick Layer ini memiliki banyak kelebihan, salah satu yang paling diunggulan ialah sifatnya yang waterproofing sehingga dinding lebih awet karena anti bocor. Kemudian kelebihan lainnya, yaitu:

  • Praktis karena cukup ditambah air
  • Hemat bahan sehingga ekonomis
  • Hemat waktu dan biaya
  • Meminimalisir retak akibat muai susut
  • Daya rekat yang baik sebagai plesteran dinding

Untuk tahap pengaplikasian Top Mortar Plaster & Brick Layer ini cukup mudah. Tahap pertama yang perlu dilakukan ialah membersihkan permukaan benda yang akan diplester dari kotoran, debu, minyak, lemak, lilin, cat maupun partikel-partikel lainnya yang menempel.

Tahap kedua ialah campur Top Mortar Plaster & Brick Layer dengan air secukupnya. Proses pengadukan bisa dilakukan dengan cara manual, tapi tetap direkomendasikan menggunakan mesin mixing agar hasilnya dapat maksimal. Aduk sampai rata selama 3-4 menit.

Kemudian, tahap ketiga ialah pengaplikasian. Harap perhatikan, untuk penggunaan plesteran dinding, semen instan ini bisa digunakan dengan tebal aplikasi 1 cm dengan sebar 2,5 meter per segi untuk setiap sack. Sementara untuk pemasangan bata daya sebarnya 1,6 meter per segi untuk setiap sack.

Untuk hasil akhir yang baik, utamakan lakukan curing terlebih dahulu, yaitu lembabkan permukaan substrate dengan air sebelum diaplikasikan Top Mortar Plaster & Brick Layer. Kemudian, sebelum tahap finishing, curing kembali permukaan atau acian plesteran dinding.

Dan selesai! Anda sudah mendapatkan dinding rumah yang anti bocor (waterproofing) sehingga lebih awet dan tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.