Bagaimana Caranya Agar Interior Keramik Tak Cepat Memuai atau Retak?

0
555

Berempat.com – Pasti rasanya sangat mengganggu ketika di rumah kita terdapat keramik yang retak hingga pecah akibat memuai. Atau ketika kita sudah mendesain interior rumah dengan bagus seperti menghias dinding dengan keramik, tapi hiasan tersebut tak bisa bertahan lama.

Lalu, bagaimana caranya agar interior rumah, khususnya keramik bisa lebih awet?

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan produk Mortar Tile Adhesive atau Perekat Keramik yang berkualitas. Sebab, seindah dan semahal apa pun keramik yang Anda beli tetap saja akan mudah memuai atau lepas apabila perekat keramik yang digunakan tak berkualitas.

Anda bisa memilih produk perekat keramik dari Top Mortar sebagai solusinya. Mengutip dari situs resminya, Top Mortar Tile Adhesive (Perekat Keramik) adalah semen instan siap pakai yang terdiri dari campuran semen, filler, additif, dan pasir silika. Semen instan ini merupakan perekat keramik serbaguna karena bisa dipakai sebagai perekat semua jenis dan macam floor tile, baik pada lantai maupun dinding. Penggunaannya pun mudah karena hanya perlu mencampurnya dengan air. Pengaplikasian perekat keramik Top Mortar Tile Adhesive direkomendasikan dengan ketebalan 3-15 mm.

Top Mortar Tile Adhesive (Perekat Keramik) memiliki keunggulan, yaitu:

  • Praktis karena cukup ditambah air
  • Aplikasi yang mudah
  • Daya rekat tinggi sehingga mencegah keramik lepas
  • Hemat bahan sehingga ekonomis
  • Konsistensi campuran tetap terjaga

Dalam mengaplikasikan Top Mortar Tile Adhesive (Perekat Keramik) yang harus diperhatikan, yaitu pertama-tama bersihkan dulu permukaan benda yang akan diaplikasikan dari kotoran, debu, minyak, lemak, lilin, cat maupun partikel merugikan lain yang menempel.

Kemudian campur Top Mortar Tile Adhesive (Perekat Keramik) dengan air. Pencampuran bisa dilakukan dengan cara manual, tapi tetap direkomendasikan dengan menggunakan mesin mixing agar merata dan maksimal. Saat proses pengadukan campur air secukupnya dan aduk selama 3-4 menit.

Tahap selanjutnya adalah pengaplikasian Top Mortar Tile Adhesive (Perekat Keramik). Produk yang sudah digunakan bisa langsung diaplikasikan pada lantai atau dinding menggunakan Trowel bergerigi. Aplikasikan perekat keramik pada permukaan yang tidak terlalu luas, lalu pukul perlahan keramik menggunakan palu karet sampai ketinggian lantai yang diinginkan. Usahakan untuk proses pengaplikasian material tidak lebih dari 15 menit karena adukan di dalam ember tidak mempunyai daya rekat yang maksimal lagi jika sudah lewat 2 jam dari waktu permulaan pengadukan.

Dan selesai! Anda sudah mendapatkan hasil maksimal untuk membuat lantai maupun dinding jadi lebih indah.

#Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.