Tak Semua Material di Industri FMCG Cocok Gunakan Auger Filler Machine

0
2224
Auger Filler Machine. (IST)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Industri fast moving consumer good (FMCG) atau barang konsumen yang bergerak cepat perlu alat yang mampu mengemas produk-produknya dengan cepat. Pasalnya, industri satu ini memang mengandalkan kecepatan dan ketepatan sebagai kunci keberlangsungan bisnis. Dan alat yang memang harus digunakan yaitu Auger Filling Machine.

Auger Filling Machine adalah mesin yang mampu mengisi material ke dalam kemasan dengan jumlah yang tepat. Produk disimpan dalam bejana yang disebut hopper dan dalam setiap siklusnya filler akan memasuk-masukkan sejumlah produk yang telah ditentukan ke dalam kemasannya.

Auger filling machine memiliki bentuk menyerupai corong yang berfungsi sebagai lubang untuk mengisi material ke dalam kemasan dengan akurat.

Mesin ini penting digunakan sebab bicara kemasan tak hanya bicara pengemasan yang menarik. Namun lebih dari itu, setiap kemasan harus terisi jumlah produk yang tepat. Mesin ini memang ditujukan untuk membantu proses pengemasan produk dengan cepat dan tepat.

Top Mortar gak takut hujan reels

Material yang Bisa dan Tidak Cocok Menggunakan Auger Fillers

Sebagaimana diperuntukkan bagi industri FMCG, Auger Filler Machine memang dapat memindahkan material dalam bentuk bubuk, cair, semi padat, atau granular ke dalam wadah. Namun, perlu diketahui bahwa tak semua produk bisa menggunakan alat ini untuk pengemasan.

Untuk material yang bisa menggunakan mesin ini yaitu produk seperti gula, garam, deterjen, rempah-rempah, kopi, teh, adonan, makanan, kosmetik (bubuk atau krim), atau makanan siap saji seperti mi maupun dalam bentuk cairan yang dapat dengan mudah memanfaatkan mesin ini untuk pengemasan.

Namun, ada beberapa material yang tak cocok menggunakan mesin ini karena sifat material dan cara kerja mesin yang berbeda. Beberapa di antaranya seperti tembakau dianggap tak cocok karena dapat tersangkut di sekitar auger. Sementara hal yang sama bisa juga terjadi pada produk halus lain seperti buah mentah, sayuran, dan sereal.

Komponen Penting Auger Filler Machine

Selain mengetahui apa saja material yang cocok dan tidak cocok menggunakan Auger Fillers, kita juga perlu tahu apa saja komponen utama Auger Fillers.

Dimulai dari sistem pengisian auger yang memiliki lima sub-sistem utama:

  1. Rakitan drive: komponen ini termasuk motor, transmisi dan mekanisme start/stop untuk pengisian yang akurat. Mesin dengan sistem kopling dan rem atau servo.
  2. Hopper: Ini adalah bejana yang menyimpan material yang sedang dikemas. Materi dipasok ke perkakas dari hopper.
  3. Perkakas: Perkakas terdiri dari sistem-sistem yang dapat diubah untuk memenuhi persyaratan yang diatur. Perkakas tergantung pada jenis pengaplikasian dan material yang diisi. Biasanya ini terdiri dari auger, agitator (s), corong dan komponen pengisian lainnya.
  4. Struktur pendukung: Ini adalah struktur di mana seluruh sistem berdiri.
  5. Kontrol: Mekanisme yang memungkinkan operator mengontrol mesin.

Jenis Perkakas

Sebagaimana fungsinya, perkakas memiliki beragam jenis yang berbeda sesuai dengan yang bisa digunakan oleh mesin auger untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan menyesuaikan dengan jenis material yang digunakan. Lalu, apa saja jenis perkakas yang ada?

  1. Self feed: Cocok untuk pasta tebal dan bubuk halus yang dapat dikompresi seperti tepung, tepung maizena, campuran kue, bubuk protein, kakao, senyawa kaca, dll.
  2. Stright feed: Ini cocok untuk produk bersisik atau granular yang tidak dapat dikompres dan tidak mengalir bebas. Misal kulit psyllium, oregano, kopi instan, dll.
  3. Free flow: Perkakas ini untuk produk granular keras yang mengalir dengan mudah seperti biji kopi, garam, manik-manik, gula, pasir, dll.
  4. Double Knife Tooling: Perkakas ini dapat digunakan untuk makanan olahan yang lunak seperti salad, semur, nasi matang, dll.
  5. Liquid Tooling: Cocok untuk cairan dan bahan krem seperti minyak, madu, lotion, kosmetik krim, dll.

Dengan perkakas yang tepat, pengisi auger dapat digunakan untuk berbagai macam produk dan aplikasi. Ada banyak model yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda. Jenis material yang harus diisi, kuantitas isi dan kecepatan, serta ketepatan yang diperlukan adalah beberapa parameter utama yang menentukan jenis mesin yang akan digunakan untuk aplikasi tertentu.

Auger Filling Machine yang berkualitas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisa didapatkan di PT Dissindo Pratama, perusahaan penyedia berbagai conveyor dan mesin untuk keperluan pabrik.

#Adv

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.