Untuk Startup: Kelebihan Rekrut Fresh Graduate Dibanding yang Berpengalaman?

0
187
Ilustrasi fresh graduate. (unsplash.com/@juanmramosjr)

Berempat.com – Untuk bisa mengembangkan perusahaan startup tentu tidak mudah. Selain dituntut bisa menggunakan dana yang ada untuk bisa beroperasi, perusahaan startup juga kerap dihadapi oleh pilihan dalam membentuk tim atau SDM. Pilihan yang dihadirkan pun ada dua, yakni merekrut fresh graduate atau yang berpengalaman?

Sebetulnya merekrut yang berpengalaman cukup dilakukan untuk bagian supervisor atau manager. Sementara untuk tim di bawah itu, Anda cukup merekrut fresh graduate. Kenapa? Mengutip dari urbanhire.com, setidaknya ada 8 alasan yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

  1. Belum Paham Politik Kantor

Para fresh graduate tentu tidak terlalu mengerti yang namanya politik kantor sebab mereka belum mengetahui betul bagaimana budaya yang berkembang di suatu perusahaan. Kebanyakan dari mereka secara tidak sadar lebih memilih menjadi pihak yang netral di antara dua kubu yang saling bertikai. Hal ini bisa menjadi suatu angin segar tersendiri di tempat kerja yang penuh dengan politik kantor.

  1. Lebih Bisa Dibentuk Sesuai Keinginan Kantor

Bila Anda menginginkan karyawan dengan karakteristik dan bakat tertentu, maka Anda bisa merekrut fresh graduate untuk menjadi karyawan Anda. Fresh graduate membutuhkan banyak arahan dalam dunia kerja karena pengalamannya masih nol. Hal inilah yang membuat Anda bisa melatih bakat mereka hingga menjadi seorang profesional baru di bidangnya. Jika Anda melakukan hal ini pada mereka yang sudah berpengalaman, tentu akan sulit.

  1. Melek Teknologi

Setiap generasi millennial pasti memiliki smartphone dan mereka sangat mudah menyesuaikan diri dengan teknologi terbaru. Karakteristik para fresh graduate ini membuat mereka sangat berharga baru perusahaan. Terlebih teknologi terbaru kini semakin berkembang. Saat muncul teknologi baru, maka mereka dapat menyesuaikan diri lebih cepat dibandingkan karyawan di usia 35 tahun ke atas.

  1. Haus Pengetahuan Baru

Fresh graduate tentu membutuhkan banyak pengetahuan baru untuk bisa mengembangkan diri. Terlebih, mereka masih memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan diri lebih baik. Saat diberi tugas, mereka akan menyesuaikan tugas tersebut dengan sepenuh hati dan mereka pun biasanya tidak takut menjawab pertanyaan dan akan mencari jawabannya. Bisa dibilang, fresh graduate seperti kertas kosong yang dapat diisi dengan hal-hal positif dari perusahaan. Dengan begitu mereka dapat berkembang beriringan dan perkembangan perusahaan.

  1. Membawa Perspektif Baru

Fresh graduate sebenarnya tidak benar-benar tidak memiliki pengalaman di dalam dunia kerja. Setidaknya mereka pernah magang saat kuliah meski masih belum terlalu dalam terjun ke dunia kerja. Hal ini membuat pikiran mereka masih segar sehingga dapat membawa perspektif baru pada perusahaan Anda. Terlebih, saat ini sebagian dari universitas menekankan pentingnya sebuah inovasi sehingga mereka bisa mengembangkannya di dunia kerja.

  1. Calon Pemimpin Masa Depan

Tidak ada yang tahu bagaimana nasib seseorang ke depannya. Untuk itu, sebagai perusahaan yang ingin terus berkembang, terbuka dengan fresh graduate adalah jawaban terbaik. Anda harus terlibat dengan bibit-bibit pemimpin ini sejak dini, sehingga mereka merasa ada ikatan tersendiri antara dirinya dengan perusahaan. Hal ini membuat mereka akan melakukan inovasi terbaik untuk perusahaan Anda saat mereka telah memiliki cukup pengalaman untuk mengemban sebuah perusahaan.

  1. Keinginan Belajar dan Berkembang yang Tinggi

Mereka memiliki semangat yang sangat tinggi saat terjun ke dunia kerja. Hal ini membuat mereka ingin melakukan yang terbaik di setiap yang mereka lakukan. Pada pengalaman pertama mereka di dunia kerja, biasanya gaji tidaklah penting. Kebanyakan dari fresh graduate berpikir untuk menunjukkan bahwa dirinya bisa diandalkan sehingga gaji akan menyesuaikan dengan sendirinya. Untuk itu, libatkan mereka pada beberapa projek perusahaan Anda meski di posisi yang tidak terlalu penting. Biarkan mereka belajar banyak hal baru dan jangan batasi perkembangan mereka.

  1. Gaji yang Lebih Rendah

Digaji dengan bayaran lebih murah dibanding mereka yang sudah berpengalaman bukan berarti talenta yang ditawarkan oleh para fresh graduate layak direndahkan. Mereka justru membawa sesuatu yang baru dan membuat atmosfer perusahaan lebih segar.

Gaji yang lebih rendah di sini dikarenakan mereka belum memiliki pengalaman yang menjual sehingga perlu dilatih terlebih dahulu. Fresh graduate pun biasanya sudah tahu akan hal ini sehingga sebagian dari mereka tidak mengharapkan gaji yang besar.

Itulah 8 alasan yang mungkin mendorong Anda untuk merekrut fresh graduate bergabung dengan perusahaan Anda. Mereka mungkin tidak memiliki pengalaman yang cukup, namun mereka siap mempelajari apapun hal baru di hadapan mereka. Kemampuan mereka akan terus berkembang seiring dengan perkembangan perusahaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here