Jelaskan 3 Hal Ini kepada Pelanggan Jika Harga Produk Anda Naik

0
330
Ilustrasi. (Rawpixel)

Berempat.com – Dalam dunia usaha tentu akan ada masanya kita diharuskan menaikkan harga produk. Namun, tak mudah untuk bisa menaikkan harga produk karena biasanya kita akan dihadapkan pada beberapa risiko, salah satunya adalah perginya para pelanggan atau berkurangnya penjualan.

Tapi, hal itu sebetulnya bisa diantisipasi dengan keterbukaan. Artinya, selama konsumen bisa menerima penjelasan dari kita atas kenaikan harga tersebut, tentunya mereka akan maklum dan tak akan lari ke kompetitor. Di sisi lain, konsumen memang berhak mendapatkan penjelasan atas kenaikan harga yang terjadi.

Lalu, apa yang mesti dijelaskan agar konsumen bisa menerimanya?

  1. Bagian dari strategi

Penetapan harga suatu produk biasanya akan dipengaruhi oleh harga bahan baku, distribusi, dan margin laba yang diambil. Dalam dunia bisnis, akan ada masanya harga bahan baku menjadi naik yang berdampak pada turunnya margin keuntungan. Mungkin Anda bisa menahan untuk tak menaikkan harga dalam beberapa bulan, tapi bila harga bahan pokok tak kunjung turun, maka mau tak mau Anda pun harus menyesuaikannya.

Inilah yang perlu dijelaskan kepada konsumen. Berilah pengertian bahwa kenaikan harga produk merupakan bagian dari strategi agar bisnis Anda bisa tetap stabil.

2. Memastikan kualitas tidak turun

Menaikkan harga produk tentu akan berbanding lurus pada kualitas yang ditawarkan. Dengan menaikkan harga produk—dikarenakan berbagai faktor—maka pastikan Anda bisa menjamin bahwa kualitas yang ditawarkan tetap dan tak turun. Namun, jika harga tak dinaikkan, maka bisa saja produk yang ditawarkan pada pelanggan akan mengalami penurunan kualitas.

Konsumen tentu masih akan memahami jika memang mengutamakan kualitas. Pasalnya, percuma membeli produk yang murah namun tak awet.

3. Ada kelebihan yang diberikan

Jika memang Anda ingin menaikkan harga produk bukan karena naiknya harga bahan baku, melainkan menjadi strategi untuk menaikkan margin, maka pastikan Anda sudah memberikan suatu kelebihan yang tak Anda tawarkan sebelumnya. Bisa saja Anda menambah bonus kaus kaki untuk sepasang sepatu atau menambah kualitas produk sepatu yang ditawarkan.

Pada intinya, memberikan penjelasan kepada pelanggan atas naiknya harga produk adalah sebuah keniscayaan. Anda perlu melakukannya atau Anda akan kehilangan pelanggan. Sebab tanpa adanya penjelasan, pelanggan akan lebih memilih berpaling ke kompetitor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.