Bagasi Tak Lagi Gratis, Ini Ketentuan Berat Bagasi dari Lion Group

0
757
Ilustrasi Armada Lion Air. (Dok. Lion Air)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Lion Air Group tak lagi memberikan bagasi secara gratis kepada para penumpangnya. Baik Lion Air maupun Wings Air, akan memberlakukan kebijakan tarif bagasi dan barang bawaan untuk penerbangan domestik.

Menurut Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro, ketetapan tersebut akan berlaku secara efektif per 8 Januari 2019 mendatang sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Sebagai informasi, bila penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 08/01/2019 tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air,” tulis Danang dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (5/1).

Dengan demikian, artinya per 8 Januari 2019 setiap penumpang Lion Air tak lagi mendapat bagasi gratis sebesar 20 Kg/penumpang dan Wings Air seberat 10 Kg/penumpang.

Top Mortar gak takut hujan reels

Dalam aturan barunya, setiap calon penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, dan tas jinjing wanita. Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Dan yang perlu diingat, beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin. Kemudian apabila ada penumpang yang membawa barang di bagasi melebihi 7 Kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan.

Adapun calon penumpang Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi melalui agen perjalanan, situs resmi Lion Air, maupun kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Selain itu, Lion Air Group juga mengimbau agar setiap pelanggan dapat mematuhi dan menerapkan aturan dari larangan atau pembatasan tambahan untuk pengangkutan barang tertentu, mengetahui pasti mengenai barang-barang yang dilarang untuk dibawa, termasuk mengenai batasan aerosol, cairan, dan gel.

Semua penumpang harus memeriksa kapasitas baterai daya tambahan portabel (powerbank) dan wajib melaporkan kepada petugas ground staff Lion Air Group sebelum keberangkatan. Berdasarkan prosedur keamanan, perangkat daya dengan kapasitas maksimum 100 Wh (atau 20.000 mAh) hanya diperbolehkan untuk dibawa ke kabin dan tidak diizinkan di dalam bagasi terdaftar.

Untuk powerbank berkapasitas 100-160Wh (20.000 hingga 32.000 mAh) harus melalui persetujuan dari Lion Air Group, sedangkan pengisi baterai portabel atau baterai lithium cadangan yang mempunyai daya jam lebih dari 160 Wh dilarang dibawa ke pesawat. Selama penerbangan, penumpang dilarang menggunakan powerbank.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.