Mau Bisnis tapi Tak Mau Repot? Coba Ambil Bisnis Franchise Saja!

0
974
Ilustrasi franchise. (IST)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Memiliki modal dan ingin menjalani bisnis, tapi takut akan risiko bangkrut? Umumnya di antara kita ada yang seperti itu. Sebenarnya pemikiran semacam itu tidaklah salah sebab tak semua dari kita memang memiliki jiwa entrepreneur. Lagi pula, itulah fungsinya ada bisnis franchise.

Franchise sendiri adalah bisnis kemitraan di mana sang pemilik franchise atau franchisor memberikan hak menjual kepada mitra atau franchisee setelah adanya transaksi dan perjanjian yang mengikat kedua belah pihak.

Di Indonesia sendiri bisnis franchise telah banyak, mulai dari skala internasional sampai yang merek asli Indonesia. Di antaranya seperti McDonald’s, KFC, Kebab Turki Baba Rafi, Bambu Spa, Carvil, dan banyak lagi.

Memangnya, apa sih untungnya mengambil bisnis franchise?

Top Mortar gak takut hujan reels

Tak perlu mulai bisnis dari nol

Berbisnis franchise artinya Anda tak perlu lagi membangun bisnis dari awal. Tak perlu lagi melakukan branding karena merek-merek franchise sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, bisnis franchise sudah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sama antara satu cabang dan cabang lainnya. Belum lagi, untuk suplai bahan baku dan marketing pun sudah diurus oleh pusat.

Bisnis franchise memang identik dengan “copy-paste”. Itulah mengapa bisnsi franchise sangat menguntungkan sebab Anda tak perlu memulainya dari nol.

Minim risiko bangkrut

Dalam bisnis, bangkrut tentu menjadi risiko yang tak bisa dihindari. Setiap pengusaha yang memulai bisnis sudah harus siap menghadapi risiko tersebut. Namun, pada bisnis franchise, risiko tersebut akan sangat minim. Pasalnya, bisnis franchise umumnya sudah memiliki pondasi bisnis yang kuat. Sebuah merek tak bisa sembarangan disebut ‘franchise’ jika bisnisnya belum teruji.

Lagi pula, merek franchise umumnya sudah sangat familiar sehingga di mana pun dibuka maka konsumen akan terus mengikuti.

Inilah keuntungan dasar dari bisnis franchise yang perlu Anda tahu. Jadi, jika Anda ingin memiliki bisnis tapi takut gagal atau tak ingin susah-susah memulai dari nol, maka mengambil bisnis franchise adalah solusi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.