Kenapa Lebih Untung Pakai Semen Serbaguna (Mortar)?

0
1023
Kenapa lebih untung pakai semen serbaguna (mortar).

Berempat.com – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat akan membangun sebuah rumah atau bangunan. Komponen utama yang tak boleh luput dari penghitungan yaitu biaya. Komponen yang menentukan biaya ini tentunya tak sedikit, mulai dari pekerja, lama pengerjaan, hingga harga material bangunan seperti semen dan pasir.

Beruntungnya, saat ini biaya untuk bahan material bisa lebih ditekan berkat adanya semen serbaguna atau mortar. Selain lebih hemat, mortar dinilai lebih berkualitas.

Mengutip dari situs Topmortar.com, mortar atau semen serbaguna ialah produk semen siap pakai yang praktis dan efisien karena cukup dicampur dengan air dalam pengaplikasiannya. Hal itu bisa dilakukan karena mortar berbahan material yang terdiri dari Portland Cement (PCC), Pasir, dan Admixture. Mortar biasa digunakan dalam pengaplikasian perekat bata ringan, acian, dan plesteran dinding.

Produksi Terkomputerisasi

Proses pembuatan semen serbaguna atau mortar ini berbeda dengan semen konvensional. Produksinya telah menggunakan teknologi yang terkomputerisasi sehingga proses mixing antarkomponen selalu dalam standar yang telah ditetapkan sehigga kualitas setiap sack produknya tetap prima.

Bahan Material

Dalam proses pembuatannya, semen serbaguna atau mortar berasal dari mixing antara pasir silika, semen, dan zat aditif lainnya yang membuat produk ini lebih efisien dan praktis. Karena dalam penggunaannya, tukang bangunan hanya perlu mencampur semen serbaguna dengan air. Setelah itu mortar bisa digunakan untuk merekatkan bata ringan, acian, dan plesteran.

Keunggulan Semenserbaguna (Mortar)

  1. Penggunaan lebih praktis

Cukup dicampur dengan air dan siap digunakan.

  1. Terjamin kualitasnya

Dengan proses produksi yang sudah terkomputerisasi, porsi semen, pasir silika, maupun zat aditif lainnya dijamin konsisten sehingga kualitas di setiap sack sama.

  1. Pengaplikasian lebih cepat dan hemat

Karena dalam pengaplikasian cukup dicampur dengan air dan dapat diaduk secara manual maupun dengan mesin, maka proses pengerjaan pun pasti lebih cepat dan terukur. End user juga lebih mudah menghitung biaya pengeluaran untuk bahan material karena tak perlu menggunakan pasir yang cenderung lebih susah dikira-kira karena sering banyak terbuang.

  1. Ramah lingkungan

Karena dalam pengaplikasian tak perlu menggunakan pasir dan tak ada bahan material terbuang, maka lokasi proyek maupun pengerjaan akan jauh lebih bersih daripada pengerjaan yang menggunakan semen konvensional. Sehingga penggunaan mortar ini bisa sangat ramah lingkungan.

  1. Daya sebar lebih luas

Dalam pengaplikasiannya mortar memiliki daya sebar yang lebih luas daripada semen konvensional. Hal ini tentu berdampak pada hematnya biaya.

  1. Lebih awet

Karena menggunakan zat aditif dalam proses produksinya, mortar bisa membuat konstruksi bangunan lebih awet. Dinding bangunan tak akan mudah retak dan lantai tak akan mudah memuai akibat panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.