Ini yang Dilakukan Elon Musk agar Produktivitas Perusahaan Meningkat

0
504
Meningkatkan produktivitas perusahaan ala Elon Musk. (Pexels)

Berempat.com – Tesla saat ini merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar yang ada di dunia. Tesla diketahui sebagai produsen mobil listrik yang giat menciptakan berbagai terobosan. Di balik perusahaan besar asal Amerika Serikat tersebut, ada sosok sang pendiri yang sangat berperan dalam perkembangan perusahaan, ialah Elon Musk.

Elon Musk telah masuk ke dalam jajaran CEO ternama di dunia mengingat perusahaan mobil listriknya pun sudah mendunia. Bahkan, Elon Musk juga memiliki sebuah perusahaan luar angkasa, SpaceX.

Sosok Elon Musk tentu tak akan terkenal andai perusahaan mobil listriknya, Tesla tak mampu menghasilkan berbagai terobosan baru. Bahkan, Tesla dikabarkan berhasil meningkatkan produksi mobil listrik Model 3-nya berkat peran Musk di dalamnya.

Pastinya, Anda pun ingin meniru bagaimana Elon Musk bisa meningkatkan produktivitas perusahaannya, bukan? Dan beruntungnya, Elon Musk pernah membeberkan rahasianya kepada para karyawannya.

Setidaknya, ada 6 hal yang dibeberkan Elon Musk agar kita bisa meningkatkan produktivitas.

  1. Tak Perlu Menggelar Rapat Besar Bila Tak Mendesak

Bila tak mendesak atau tak memberikan nilai positif, bagi Musk, rapat besar tak ada gunanya. Bahkan cenderung tidak memberikan kontribusi cukup baik terhadap kinerja perusahaan.

“Keluarlah dari semua rapat besar, kecuali jika rapat tersebut benar-benar memberikan nilai positif. Jika memang harus dilakukan, lakukanlah dalam waktu yang singkat,” ujar Musk.

  1. Tak Perlu Ada Pertemuan Rutin

Sama seperti rapat besar, bagi Musk pertemuan rutin tak perlu ada jika tak ada permasalahan yang mendesak. “Hal itu (pertemuan rutin) harus dihentikan jika permasalahan tersebut sudah bisa dituntaskan,” tegasnya.

  1. Tinggalkan Rapat Jika Kehadiran Anda Tidak Terlalu Dibutuhkan

Bagi Musk, datang ke sebuah rapat tapi tak memiliki kontribusi sama saja membuang-buang waktu. Lebih baik segera tinggalkan pertemuan atau beritahu melalui telepon bila Anda sudah menyadari bahwa kehadiran Anda tidak terlalu dibutuhkan.

“Meninggalkan pertemuan bukanlah perbuatan yang tidak sopan. Perbuatan yang tidak sopan adalah ketika kamu hadir dan membuang waktu orang lain,” ucap Musk.

  1. Tak Perlu Gunakan Istilah dalam Komunikasi

Musk sepertinya sangat menghindar hal-hal yang tak penting. Bahkan dalam komunikasi sekalipun. Karena ia sendiri melarang karyawannya di Tesla menggunakan jargon saat berkomunikasi dalam bekerja. Umumnya, apa pun yang membutuhkan penjelasan justru akan menghambat proses komunikasi.

“Kita tidak ingin orang-orang harus mengingat-ingat kosa kata tertentu hanya untuk berkomunikasi di Tesla,” ujarnya.

  1. Berkomunikasi Langsung Tanpa Perantara

Bila umumnya pemimpin perusahaan selalu menyampaikan perintah lewat perantara—entah sekretaris atau bagian HRD—tapi sepertinya hal itu tak berlaku bagi Musk.

Musk justru menyarankan agar komunikasi dilakukan secara singkat dan langsung, bukan melalui rantai perintah yang hierarkis.

“Manajer mana pun yang memberlakukan rantai perintah dalam komunikasi akan segera bekerja di tempat lain,” tegasnya.

  1. Utamakan Logika, Bukan Aturan

Musk tak ingin karyawannya terpaku pada aturan perusahaan. Ia justru meminta karyawannya agar selalu menggunakan logika dalam bekerja. “Jika mengikuti peraturan perusahaan adalah ide buruk dalam situasi-situasi tertentu, maka peraturan tersebut harus diganti,” pungkas Musk.

Enam hal yang dipaparkan Elon Musk bisa dikatakan merupakan hal yang sederhana. Karena memang sepertinya tak sedikit pemimpin yang justru melakukan kebalikan dari apa yang diterapkan Musk. Tidak heran mengapa Elon Musk bisa membesarkan Tesla seperti sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.