Inilah 21 Merek Peraih Indonesia’s Most Innovative Brand 2018

0
1083

Berempat.com – Dalam sebuah bisnis, inovasi merupakan hal penting dalam sebuah bisnis. CEO Majalah Franchise Indonesia Rofian Akbar menuturkan, baha mau tak mau sebuah bisnis harus berinovasi.“

“Tanpa inovasi kita tidak bisa business plan, tanpa inovasi kita bisa mati. Jadi mau nggak mau kita harus berinovasi. Maka inilah yang melatarbelakangi kita dalam memberikan penghargaan The Most Innovative Brand,” ungkap Rofian sebelum memberikan penghargaan di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (24/11).

Dalam menentukan peraih penghargaan tersebut, Rofian mengungkapkan bahwa inovasi bisa hadir dari komitmen dan kompetisi sang pengusaha. Karena itu, tanpa memiliki komitmen dan kompeten di bisnis yang dijalani, seorang pengusaha tak akan bisa melahirkan inovasi.

“Karena komitmen dan kompetensi itu adalah awal mula lahirnya R&D. Dan dari research and development inilah lahirlah inovasi yang dilandaskan oleh perubahan market dan sebagainya,” terang Rofian.

Inovasi, sambung Rofian, bisa datang dari berbagai sisi, baik itu dari sisi produk, jasa, konsep bisnis, harga, hingga kemasan produk.
Bagian lain yang tak kalah penting dari inovasi menurut Rofian yaitu mengomunikasikannya kepada masyarakat. Sebab inovasi tanpa komunikasi adalah kesia-siaan.

“Dan saya yakin merek-merek peraih (penghargaan) inovatif semakin inovatif di kemudian hari dan bisa menjadi pemacu bagi pengusaha pemula untuk ikut berinovasi,” harap Rofian.

Adapun penghargaan Indonesia’s Most Innovative Brand 2018 ini diberikan ke 21 merek paling inovatif di Indonesia. Ke-21 merek tersebut yaitu:
1. Aichi Indonesia
2. Art Metal Indonesia
3. Ayam Keprabon
4. Bambu Spa
5. biMBA AIUEO
6. Bunda Esty Baby Spa
7. Cleanlite Laundry
8. CMA Mental Arithmetic
9. Crispyku Fried Chicken
10. Dirty Chicks
11. DNI Skin Care
12. D’Penyetz
13. English Faster
14. Ethica
15. Green Nitrogen
16. Kako Thai Tea
17. Kedai Kopi Kapal Api
18. Lulla Thai Tea
19. MaoMao Thai Tea
20. Top Coat Indonesia
21. Wakecup Indonesia

Selain itu, bersamaan dengan diterimanya piagam penghargaan, para peraih mendapatkan buku Bunga Rampai Franchise karya Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar.

Tak lupa, sehabis ikut memberikan piagam penghargaan, Anang pun memberikan wejangan kepada para peraih penghargaan.

“Inovasi harus berkelanjutan, nggak bisa hanya sekali. Kalo berhenti, habis nanti,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.