Tol TransJawa Bisa Dilintasi untuk Mudik, Jakarta-Surabaya Cukup 10 Jam

0
663
Pojok Bisnis

Berempat.com – Jarak tempuh kendaraan roda empat dari Jakarta-Surabaya akan terpangkas banyak menjadi 10 jam dengan hadirnya Tol TransJawa. Hal tersebut diungkap oleh Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani. Menurutnya, saat ini normalnya Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 20 jam perjalanan dengan roda empat.

“Idealnya Jakarta-Surabaya 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 kilometer, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam saja mungkin hanya 8 jam. Tapi tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety,” ujar Desi di Kantor PT Jasa Marga, Mojokerto, Senin (12/11).

Namun, Desi menambahkan, perkiraan waktu tempuh 10 jam itu pun tergantung dari kondisi jalan Jakarta menuju Cikampek. Menurut Desi, tahun depan kondisi Jakarta-Cikampek masih akan ada hambatan karena masih adanya pengerjaan proyek. Karena itu, kemungkinan jarak tempuh Jakarta-Surbaya saat Lebaran tahun depan belum dapat benar-benar terealisasi 10-12 jam.

“Jadi mohon bersabar, kira-kira setengah tahun lagi Cikampek di Lebaran itu minimal bisa fungsional,” terangnya.

Top Mortar gak takut hujan reels

Saat ini, Desi menyebut bahwa kondisi Jakarta-Cikampek masih crowded. “Mungkin sekarang baru bisa 14 jam, tergantung Jakarta Cikampek-nya aja,” sambungnya.

Nantinya, dengan lancarnya arus lalu lintas Jakarta-Cikampek akan berdampak pula pada kelancaran aktivitas angkut logistik. Bahkan, menurut Desi, aktivitas angkut logistik Jakarta-Surabaya bisa dilakukan hanya dalam satu hari.

“Logistik itu bisa bolak balik. Jadi misalnya Jakarta-Surabaya ini bisa bolak-balik asal gantian aja supirnya,” imbuhnya.

Untuk saat ini dengan padatnya kendaraan di jalur Jakarta-Cikampek, Desi memprediksi waktu tempuh Jakarta-Surabaya di Jalur TransJawa bisa 14 jam.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.