Tol TransJawa Bisa Dilintasi untuk Mudik, Jakarta-Surabaya Cukup 10 Jam

0
475

Berempat.com – Jarak tempuh kendaraan roda empat dari Jakarta-Surabaya akan terpangkas banyak menjadi 10 jam dengan hadirnya Tol TransJawa. Hal tersebut diungkap oleh Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani. Menurutnya, saat ini normalnya Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 20 jam perjalanan dengan roda empat.

“Idealnya Jakarta-Surabaya 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 kilometer, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam saja mungkin hanya 8 jam. Tapi tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety,” ujar Desi di Kantor PT Jasa Marga, Mojokerto, Senin (12/11).

Namun, Desi menambahkan, perkiraan waktu tempuh 10 jam itu pun tergantung dari kondisi jalan Jakarta menuju Cikampek. Menurut Desi, tahun depan kondisi Jakarta-Cikampek masih akan ada hambatan karena masih adanya pengerjaan proyek. Karena itu, kemungkinan jarak tempuh Jakarta-Surbaya saat Lebaran tahun depan belum dapat benar-benar terealisasi 10-12 jam.

“Jadi mohon bersabar, kira-kira setengah tahun lagi Cikampek di Lebaran itu minimal bisa fungsional,” terangnya.

Saat ini, Desi menyebut bahwa kondisi Jakarta-Cikampek masih crowded. “Mungkin sekarang baru bisa 14 jam, tergantung Jakarta Cikampek-nya aja,” sambungnya.

Nantinya, dengan lancarnya arus lalu lintas Jakarta-Cikampek akan berdampak pula pada kelancaran aktivitas angkut logistik. Bahkan, menurut Desi, aktivitas angkut logistik Jakarta-Surabaya bisa dilakukan hanya dalam satu hari.

“Logistik itu bisa bolak balik. Jadi misalnya Jakarta-Surabaya ini bisa bolak-balik asal gantian aja supirnya,” imbuhnya.

Untuk saat ini dengan padatnya kendaraan di jalur Jakarta-Cikampek, Desi memprediksi waktu tempuh Jakarta-Surabaya di Jalur TransJawa bisa 14 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.