Survei: 5 Faktor Ini yang Membuat Generasi Milennial Suka Belanja Online

0
652
Ilustrasi belanja online. (pexels.com/@olly)

Berempat.com – Berbelanja online sekarang ini sudah menjadi pilihan utama bagi masyarakat, khususnya Generasi Milennial saat akan membeli sesuatu. Lebih lagi, saat ini banyak bermunculan e-Commerce di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk berbagai kebutuhan, baik saat akan membeli gawai, kebutuhan fesyen, maupun keperluan sehari-hari.

Baru-baru ini, Markplus Inc. telah melakukan riset terhadap 1.200 responden untuk mengungkap faktor yang mendorong Generasi Millennial untuk berbelanja online. Menurut Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Irfan Setiawan mengungkapkan, responden yang dipilih pada riset ini berasal dari Generasi Millennial dengan rentang usia 19-35 tahun yang tersebar di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.

Dari riset tersebut pun ditemukan bahwa terdapat 5 faktor yang membuat Generasi Millennial sangat suka berbelanja online. Apa saja?

  1. Menawarkan Ragam Promo

Seperti yang diketahui, e-Commerce di Indonesia begitu gemar memberikan ragam promo bagi konsumen. Mulai dari diskon, beli satu gratis satu, flash sale, gratis ongkos kirim dan banyak lagi. Dan ternyata, apa yang dilakukan e-Commerce selama ini sangat berhasil untuk menarik minat Generasi Millennial untuk berbelanja.

  1. Harga yang Lebih Murah daripada Toko

Tentu saja harga produk yang dijual secara online jauh lebih murah daripada yang ada di toko. Pasalnya, e-Commerce telah memutus mata rantai penjualan yang selama ini cukup berdampak pada kenaikan harga dari penjual ke pembeli. Dengan e-Commerce, produk tak perlu lagi melewati distributor untuk bisa sampai ke end user. Ditambah, penjual tak perlu membuka toko yang kemudian membebankan harga sewa toko ke produk yang dijual.

  1. Tergantung Reputasi e-Commerce

Namun, yang perlu menjadi catatan adalah Generasi Millennial hanya akan berbelanja di e-Commerce yang sudah punya reputasi baik. Umumnya, mereka menilai baik tidaknya reputasi sebuah e-Commerce dari sistem transaksi dan data pribadi konsumen yang dijamin aman.

  1. Banyak Pilihan Jenis Transaksi

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, proses transaksi pun kian mudah. Apalagi, saat ini hampir seluruh e-Commerce di Indonesia telah mengadopsi atau menyediakan beragam jenis transaksi yang ada, mulai dari transfer ATM, M-Banking, Virtual Account, cash on delivery, cicilan nol persen, pembayaran melalui kartu kredit, pembayaran melalui mini market, hingga melalui dompet digital.

  1. Cepat Menerima Barang

Terakhir yang menjadi faktor pendorong Generasi Millennial suka belanja online adalah proses penerimaan barang yang tergolong cepat. Tak heran mengingat saat ini e-Commerce juga telah banyak menggandeng perusahaan logistik dalam proses pengiriman. Sehingga konsumen pun lebih bebas memilih menggunakan jasa pengiriman yang diinginkan.

Bahkan, saat ini sudah banyak e-Commerce yang menggandeng ojek online untuk bisa menawarkan proses pengiriman barang di hari yang sama. Jadi, konsumen pun tak perlu menunggu barang datang terlalu lama.

Kelima faktor inilah yang ditemukan paling memengaruhi keputusan Generasi Millennial dalam memilih berbelanja online. Apakah kamu juga salah satu Generasi Millennial yang suka berbelanja online karena kelima faktor di atas, atau karena faktor lain?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.