Kominfo Siapkan Roadmap e-Commerce untuk Tambah Daya Saing Pengusaha

0
46
Ilustrasi E-commerce (Liputan6.com/Sangaji)

Berempat.com – Didorong oleh kemajuan teknologi, saat ini perubahan zaman bisa begitu cepat terjadi. Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh pengusaha. Pasalnya, dengan demikian pengusaha tak boleh terlambat beradaptasi dengan perubahan zaman yang berlangsung di setiap waktunya.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Firmasyah Lubis mengatakan, saat ini pelaku usaha perlu melengkapi bisnisnya dengan ekosistem digital. Apalagi konsumen telah beralih ke transaksi yang serba digital.

“Ini kan kenyataan bisnis, kalau sekarang online, ya mereka harus migrasi ke online, kalau mereka tetap bertahan disitu ya mereka akan tergilas,” terang Firmansyah di Jakarta, pekan lalu.

Oleh karena itu, Kominfo memberikan roadmap e-commerce untuk menyasar pelaku usaha agar bisa bersaing. Hal tersebut dilakukan guna melindungi dan membina pelaku usaha agar tidak kalah bersaing di tengah perkembangan digital.

“Kalau online kan mereka tanpa marketing, tanpa toko, hanya gudang saja bisa maju. Jadi sudah beda pola bisnisnya,” tukas Firmansyah.

Firmansyah menyontohkan, seperti perubahan pola bisnis yang terjadi di sektor transportasi dengan kehadiran taksi online dan ojek online. Apabila pelaku transportasi konvensional tak mengimbangi perubahan pola bisnis tersebut maka bisa dipastikan mereka akan kalah bersaing.

“Seperti taksi online juga seperti itu, kalau (taksi) tidak adaptasi ya akan tergilas. Sekarang kan orang maunya jelas harganya berapa? Tidak perlu repot-repot dan deliver-nya jelas,” tandas Firmansyah.

Menulis adalah upaya menjaga nalar agar tetap hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here